Bisa Berdampak pada Kesehatan, Konsumsi Daging jangan Berlebihan

Ilustrasi daging. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Hari Raya Idul Adha 1444 H telah dilaksanakan Kamis (29/6/2023) lalu. Masyarakat menyembelih hewan kurban seperti sapi dan kambing.

Perlu diketahui, daging sapi dan kambing merupakan sumber protein. Karena di dalamnya terdapat zat kolesterol dan lemak jenuh. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, akan berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, dr Desi Siddik, menyarankan warga untuk memilih daging yang tidak berlemak. Saat mengonsumsi daging, dibarengi dengan sayuran hijau.

“Selain itu, dapat dilengkapi dengan sayur dan buah. Saat makan daging bisa dibarengi dengan makan seporsi sayur. Atau sayur mentah (lalapan) juga bisa,” jelas dr Desi Siddik saat dihubungi Diskominfo Kota Padang, Selasa (4/7/2023).

Seperti yang diketahui, sayur merupakan sumber serat terbaik untuk tubuh. Serat ini merupakan komponen yang penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi, serta gangguan pencernaan lainnya.

“Adapun tips mengonsumsi daging, yaitu dengan membatasi porsi makan daging tersebut,” sarannya.
Pihaknya menambahkan, untuk mengonsumsi daging, disarankan dengan memakan satu atau dua potong daging dalam sehari. (rdr)

Exit mobile version