Meriahkan HUT RI, Kapolda Sumbar Perintahkan Jajaran Pasang Bendera Merah Putih

Kapolda Sumbar cek jalur one way. (Dok. Istimewa)

Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono, memerintahkan seluruh anggota di jajarannya untuk memasang bendera merah putih dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023.

Bahkan, Jenderal Bintang Dua ini juga menginstruksikan agar seluruh kendaraan polisi yang berada di Polda Sumbar dan jajaran juga dipasangkan bendera.

“Saya putuskan kemarin seluruh mobil polisi harus berbendera merah putih. Seluruh rumah polisi dan keluarga polisi harus pasang bendera merah putih,” kata Kapolda Sumbar saat memberi keterangan, Sabtu (12/8/2023).

Ia menuturkan, sebagai anggota polri mengajak masyarakat untuk memasang bendera, apalagi momen yang dilakukan hanya setahun sekali dalam memperingati HUT RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

“Dulu diperjuangkan dengan darah dan air mata, sekarang hanya membeli bendera bendera merah putih Rp5-10 ribu kok susah,” ujarnya.

Dirinya telah memerintahkan, jika kemarin saat anggotanya datang ke Polda harus membawa bendera merah putih yang nantinya akan dibagikan kepada seluruh masyarakat.

Dijelaskan, bahwa bendera merah putih itu bukan hanya sekadar bendera, tetapi itu sebagai lambang persatuan bangsa.

“Ini didapatkan juga tidak dengan mudah, bahkan proklamator Pak Hatta juga dari Sumatera Barat. Itulah yang harus kita hormati, hargai perjuangan para pahlawan untuk negeri ini,” terangnya.

Untuk itu, apa yang harus diperbuat dan dilakukan dalam rangka menjelang 17 Agustus pihaknya akan mengisi peringatan kemerdekaan tersebut.

“Dengan membangkitkan semangat para generasi muda ini untuk tetap NKRI harga mati, Pancasilais untuk nasionalis. Jangan sampai luntur itu karena dipecah belah,” ungkap Irjen Pol Suharyono.

“Jadi itu tidak hanya sekadar bendera merah putih, tetapi itu yakini untuk kebersamaan bahwa kita semua sebagai anak bangsa wajib menghormati bendera kita yang merah itu sampai ke titik penghabisan,” ungkapnya menambahkan.

Pada kesempatan itu, Irjen Pol Suharyono juga menyerahkan secara simbolis bendera merah putih kepada salah satu wartawan dan juga seorang personel Polda Sumbar. (rdr)

Exit mobile version