Waduh! Ustaz Cabuli 34 Santriwati, Efeknya Psikologinya Mengerikan

Tim pendamping juga harus memperhatikan respons dari lingkungan yang ada di sekitar para korban.

ilustrasi asusila

ilustrasi asusila

TRENGGALEK, RADARSUMBAR.COM – Kasus pencabulan 34 santriwati yang dilakukan seorang ustaz di Trenggalek menyisakan persoalan besar terhadap para korban. 34 korban memiliki risiko tinggi mengalami depresi hingga gangguan psikologis berat jika tidak tertangani dengan baik.

“Dampak kekerasan seksual itu tidak hanya saat ini, itu bisa panjang,” kata Psikolog asal Tulungagung, Ifada Nur Rohmaniah dilansir dari detikcom, Sabtu (25/9/2021).

Pola penanganan, kata Ifada, terhadap masing-masing individu korban pun juga tidak bisa disamaratakan, mengingat setiap orang memiliki respons yang berbeda-beda atas kasus yang dialami. Dalam kasus seperti itu, masing-masing korban harus dilakukan asesmen terlebih dahulu. Dari asesmen psikologi itulah maka bisa ditentukan pola penanganan yang harus dilakukan.

“Mungkin saat ini si anak diam, tapi apabila tidak ditangani secara tepat bisa berbahaya saat dia sudah dewasa. Bahkan ledakan dampak itu bisa terjadi saat dia sudah menikah,” ujar Ifada.

Dijelaskan, pengaruh buruk dari kasus tersebut bisa mendegradasi tingkat kepercayaan terhadap laki-laki, mengubah pandangan terkait konsep rumah tangga, hingga perubahan pandangan terhadap hubungan seksual.

“Saya juga punya klien, dia mengalami bipolar, setelah saya telusuri, ternyata dia pernah mengalami pelecehan seksual saat masih anak-anak,” jelasnya.

Pola penanganan para korban ustaz cabul tersebut harus digabung, antara penanganan psikiater dan psikolog. Sebab tidak menutup kemungkinan ada korban yang membutuhkan obat-obatan tertentu untuk proses pemulihan. “Jika penanganan tepat, maka si anak akan lebih baik psikologisnya, simpul-simpul potensi dampak buruk bisa diredam,” jelasnya.

Ifada menambahkan tim pendamping juga harus memperhatikan respons dari lingkungan yang ada di sekitar para korban. Sebab dari beberapa kasus, para korban kekerasan seksual justu mendapatkan perlakuan buruk dari lingkungan.

“Karena tidak semua orang bisa memberikan empati kepada penyintas korban pencabulan. Bahkan berpotensi mendapatkan perundungan. Belum lagi kalau ada serangan balik, tudingan pencemaran nama baik dan sebaginya,” kata Ifada.

Psikolog ini mengakui, kasus pencabulan di Trenggalek tersebut menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi pemerintah daerah. Mengingat jumlah korban yang cukup banyak. “Jangan biarkan para korban itu seperti api dalam sekam, awalnya kelihatan biasa, tapi ketika sudah dewasa terjadi ledakan konflik. Ini PR besar,” jelasnya.

Sebelumnya, Satreskrim Polres Trenggalek menangkap seorang ustaz, SM (34) warga Desa/Kecamatan Pule, Trenggalek karena telah mencabuli 34 santriwati di salah satu pondok pesantren. Kasus cabul pendidik tersebut terbongkar setelah salah satu korban menceritakan perbuatan pelaku kepada orang tuanya. (rdr)

sumber: Detik.com

Exit mobile version