Agar Tetap Sehat, Alat Pernapasan Perlu Dipelihara dengan Baik, Begini Caranya!

Alat pernapasan merupakan suatu sistem atau gabungan dari beberapa organ yang bersama-sama membentuk sistem pernapasan yang baik

Ilustrasi organ pernapasan manusia. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Memelihara alat pernapasan sangat penting karena bernapas adalah cara tubuh mendapatkan oksigen untuk metabolisme tubuh. Selain itu, bernapas juga berfungsi untuk mengeluarkan karbon dioksida yang merupakan sisa metabolisme.

Alat pernapasan

Alat pernapasan merupakan suatu sistem atau gabungan dari beberapa organ yang bersama-sama membentuk sistem pernapasan yang baik. Organ-organ yang terlibat sebagai alat pernapasan adalah sebagai berikut:

Udara akan masuk melalui hidung, melewati laring menuju trakea, lalu menuju ke bronkus. Setelah memasuki paru-paru, udara akan ditukar di dalam kantung udara yang disebut alveolus. Alveolus merupakan tempat bertukarnya oksigen yang beru dihirup dengan karbon dioksida yang merupakan sisa metabolisme sel.

Cara memelihara alat pernapasan

Memelihara pernapasan sangat penting agar mengoptimalkan fungsi sistem pernapasan. Jika alat pernapasan tidak dijaga, akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Contoh masalah pernapasan antara lain, batuk, sesak napas, influenza, bronkitis, dan tuberkulosis.

Memelihara alat pernapasan, yaitu dengan cara sebagai berikut:

Exit mobile version