Erick Thohir jadi Menko Marves Ad Interim, Luhut Binsar Pandjaitan Sebut Alami Sakit Ini

Menko Marves Ad-Interim menjalankan semua tugas yang diemban oleh Menko.

Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Kemaritim (Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (net)

Politisi Senior Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir untuk menjadi Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Ad-Interim menggantikan sementara Luhut Binsar Pandjaitan.

Koordinatir Staf Khusus Presiden RI, Anak Agung Gede Ngurah Ari Dwipayana mengatakan, Luhut Binsar Pandjaitan sedang menjalani perawatan kesehatan.

“Presiden Jokowi telah menunjuk Menteri BUMN, Erick Thohir sebagai Menko Marves Ad-interim,” kata Ari Dwipayana, Rabu (11/10/2023).

Ari Dwipayana mengatakan, menyangkut penunjukan Erick oleh Presiden Joko Widodo, sebagai Menko Marves Ad-Interim menggantikan Luhut yang sedang menjalani perawatan.

“Menko Marves Ad-Interim menjalankan semua tugas yang diemban oleh Menko. Sepanjang jabatan itu terkait dengan tugas dan amanah sebagai Menko, maka hal itu menjadi tugas Menko Ad-Interim,” katanya.

Sebagaimana diketahui, selain menjabat sebagai Menko Marves, Luhut juga diberi amanah oleh Presiden antara lain sebagai Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional, Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Koordinator Penanganan Polusi Udara di Jakarta dan lain sebagainya.

Adapun masa jabatan Erick menggantikan posisi Luhut di pemerintahan, kata Ari, dimulai sejak Rabu hari ini sampai ada keputusan lebih lanjut dari Presiden Joko Widodo.

“Kita semua berharap Pak LBP bisa segera pulih, kembali menjalankan tugas-tugas yang diemban selama ini,” kata dia.

Sementara itu, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dirinya mengaku kondisi fisiknya melemah usai menghadiri suatu kegiatan.

“Tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja,” kata Luhut via akun media sosial (Medsos) Instagram dengan nama pengguna @luhut.pandjaitan.

Luhut mengatakan, dirinya dibawa istrinya ke salah satu Rumah Sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut.

Dengan kondisi kesehatan seperti itu, Luhut selama beberapa hari tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa.

Setelah mendapat tawaran dari kolega-nya, Senior Minister Singapura Teo Chee Hean dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan, Luhut memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura, sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif.

“Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya terkhusus kepada Presiden Jokowi yang sudah memberikan tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk merawat saya hingga sampai pada kondisi yang telah membaik saat ini,” tuturnya. (rdr/ant)

Exit mobile version