Survei PatraData: Berpasangan dengan Erick Thohir atau Gibran Rakabuming Raka, Prabowo Tetap Unggul

Prabowo Subianto masih tetap unggul jika berpasangan dengan Erick Thohir, Gibran Rakabuming Raka dan calon lainnya.

Ilustrasi Pilpres 2024. (net)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto diprediksi tetap unggul dari dua Capres lainnya jika berpasangan dengan Erick Thohir ataupun Gibran Rakabuming Raka.

Hal tersebut terungkap dalam survei yang dilakukan oleh Lembaga Riset PatraData, Rezki Adminanda.

Hasil temuan survei nasional Patra Data menunjukkan bahwa Prabowo Subianto unggul dengan perolehan suara 37,1 persen atau unggul dari bakal calon lainnya, yaitu Ganjar Pranowo dengan 29 persen dan Anies Baswedan 16,8 persen.

“Sementara itu terdapat 17,1 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab,” kata Manajer Riset PatraData, Rezki Adminanda dalam rilis yang diterima Radarsumbar.com, Kamis (19/10/2023) malam.

Sementara itu, katanya, PatraData juga melakukan simulasi dua pasangan Bacapres 2024, yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Hasilnya, Ganjar Pranowo unggul 43,9 persen dari Anies Baswedan yang hanya memperoleh 33,2 persen. Sisanya, 22,8 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Sedangkan pada simulasi berikutnya dua nama bakal calon presiden, yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, memunculkan hasil Prabowo Subianto unggul jauh sebesar 57,6 persen jika head to head dengan Anies Baswedan, yakni sebesar 23,2 persen.

PatraData juga melakukan model distribusi suara terhadap ketiga bakal calon presiden jika kemudian nanti pemilihan presiden dilakukan dengan cara dua putaran.

“Pemilih Ganjar Pranowo terlihat lebih banyak mengalihkan dukungannya kepada Prabowo Subianto, sebesar 67,1 persen dari pada ke Anies Baswedan 19,6 persen. Kemudian, pemilih Anies lebih banyak mengalihkan dukungannya kepada Prabowo Subianto sebesar 57,9 persen dari pada ke Ganjar Pranowo sebesar 21 persen,” kata Rezki.

Adapun untuk posisi Calon Wakil Presiden (Cawapres), Prabowo Subianto juga masih tetap unggul jika berpasangan dengan Erick Thohir, Gibran Rakabuming Raka dan calon lainnya.

“Hasil uji terhadap ketiga pasangan capres dan cawapres tersebut, pasangan Prabowo-Gibran berhasil unggul dengan 33,9 persen (jika berpasangan) dari pasangan Ganjar-Mahfud dengan 30,1 persen, dan Anies-Muhaimin dengan 17,6 persen. Sementara itu terdapat 18,5 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab,” katanya.

Prabowo lagi-lagi unggul dari dua pasangan lainnya jika berpasangan dengan Erick Thohir, yakni sebesar 38 persen.

“Dari pemodelan yang kita lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat satupun pasangan calon yang melebihi angka dari 50 persen plus 1 sebagai syarat memenangkan pemilihan presiden dan wakil presiden,” katanya.

“Sehingga, dengan model tiga pasangan calon, kemungkinan pemilihan presiden dan wakil presiden kita akan berlangsung menjadi dua putaran,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version