Pohon Tumbang saat Tradisi Basapa di Ulakan Padang Pariaman, Seorang Jamaah Meninggal Tertimpa

Seorang dilaporkan meninggal dunia dan tiga lainnya menderita luka akibat pohon tumbang.

PARIAMAN, RADARSUMBAR, COM – Tradisi basapa atau Safaran yang digelar di Komplek makam Masjid Syech Burhanuddin, Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman, Rabu (29/9/2021) seketika menjadi luapan tangis.

Seorang dilaporkan meninggal dunia dan tiga lainnya menderita luka akibat pohon tumbang. Informasi yang dihimpun radarsumbar.com, sebatang pohon tumbang yang disebabkan hujan deras dan angin kencang setelah pohon menimpa sebuah kios.

Petugas dari BPBD Padang Pariaman, Polres Padang Pariaman dan Kodim Padang Pariaman pun langsung mengevakusi pohon pohon yang tumbang tersebut.

Begitu juga dengan sejumlah jamaah Tareqat Syatarriyah yang ikut tradisi tersebut, langsung membantu evakuasi para korban dengan dibantu aparat terkait.

Ribuan masyarakat dari pelosok Negeri memadati makam Syekh Burhanuddin, Ulakan Tapakis karena ada puncak kegiatan basapa, dimana para jamaah mengenang jasa Syekh Burhanuddin menyebarkan agama islam di Minangkabau.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman Budi Mulya menjelaskan kepada sejumlah wartawan terkait adanya korban jiwa dalam kejadian ini.

“Iya ada korban meninggal, tim kita masih mengevakusi pohon tumbang tersebut dibantu TNI-Polri,” ungkapnya.

Dijelaskannya, untuk nama korban masih didata. Tak hanya korban jiwa, puluhan kios serta kendaraan juga ditimpa pohon tersebut.

“Kami juga masih fokus dengan kejadian di tempat lain. Kita bagi tim dan semua sudah ditangani,” ujarnya. (rdr-007)

Exit mobile version