Wajib Anda Ketahui, Berikut 15 Manfaat Mangga Dalam Kesehatan

ilustrasi

RADARSUMBAR.COM – Manfaat mangga dapat kita temukan dari setiap potongannya. Buah mangga telah diciptakan dengan berbagai macam nutrisi dan vitamin yang akan memberikan dampak positif bagi siapa saja yang mengonsumsinya.

Mangga adalah salah satu buah pohon tropis, mangga sudah sejak lama dinikmati karena rasanya yang manis dan segar. Baru-baru ini, penelitian telah menemukan manfaat tambahan buah dalam bentuk nutrisi utama yang membantu orang melawan penyakit, mempertahankan berat badan yang sehat, dan bahkan menangkal beberapa tanda penuaan.

Mangga juga dikenal sebagai raja buah-buahan, dicintai oleh banyak orang karena rasanya memanjakan lidah. Manfaat mangga dapat dikaitkan dengan profilnya yang kaya nutrisi. Buah mangga sudah dibudidayakan sejak lama, berabad-abad lamanya dan berasal dari Asia Tenggara. Mangga adalah salah satu buah yang paling padat nutrisi dan mengandung 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Mereka tersedia dalam berbagai warna dan varian.

Meskipun pada suatu waktu buah mangga sempat dianggap unik, buah mangga sekarang tersedia di sebagian besar supermarket dan merupakan bahan umum dalam banyak hidangan, karena rasa dan berbagai kegunaannya yang popular. Buah mangga seringkali disajikan dengan diiris, dicincang, dihaluskan, jus, dan bahkan dipanggang. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang mangga, termasuk kandungan nutrisi dan manfaat kesehatannya, ditambah lebih banyak cara untuk menikmati memakannya.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Mangga untuk Kesehatan

Mangga adalah buah yang kaya nutrisi. Ini adalah sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu cangkir (165 g) irisan mangga mengandung:

Buah ini juga ternyata mengandung nutrisi seperti vitamin A, riboflavin, niasin, magnesium, mangan, dan fosfor. Hal itu yang menjadikan manfaat mangga menjadi tak terhingga. Berikut beberapa manfaat buah mangga yang harus Anda ketahui:

1. Dapat Meningkatkan Imunitas

Mangga merupakan sumber vitamin esensial yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Buahnya mengandung vitamin C. Nutrisi tersebut memiliki sifat antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh Anda. Vitamin C memainkan peran penting dalam proses penyembuhan tubuh, dan membantu tubuh Anda membentuk pembuluh darah, tulang rawan, otot, dan kolagen dalam tulang.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Hohenheim menemukan bahwa buah mangga sangat kaya akan beta-karoten, karotenoid membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin A adalah nutrisi penting lainnya dalam mangga yang meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin ini dapat melawan penyakit menular.

2. Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Memasukkan mangga kedalam menu diet seimbang dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan mengontrol kadar gula darah. Buah ini menawarkan kalium dan magnesium yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Aachen University menemukan bahwa asupan magnesium dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kalium bertindak sebagai vasodilator, hal ini dapat membantu mengurangi stres pada pembuluh darah dan meningkatkan fungsi jantung untuk bekerja lebih baik.

Manfaat mangga adalah sebagai sumber beta-karoten yang kaya. Karotenoid ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mencegah oksidasi kolesterol di arteri Anda.

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mangga mengandung enzim pencernaan seperti amilase. Hal itu memecah karbohidrat kompleks menjadi gula sederhana.

Ini dapat membantu meningkatkan proses pencernaan, meskipun penelitian lebih lanjut dijamin dalam aspek ini. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Texas A&M University menemukan bahwa polyphenol dalam mangga dapat meringankan gejala sembelit.

Satu cangkir mangga mengandung sekitar 3 g serat, yang kira-kira 10 persen dari apa yang Anda butuhkan dalam sehari. Serat makanan telah lama diakui sebagai penting untuk kesehatan pencernaan.

Selain itu, manfaat mangga secara khusus ditemukan secara signifikan mengurangi sembelit, termasuk frekuensi tinja dan konsistensi, menurut sebuah penelitian, yang menemukan bahwa mangga lebih efektif daripada suplemen yang menyediakan jumlah serat yang sama (300 gram). Salah satu alasan yang mungkin, menurut penulis studi: Mengonsumsi mangga dapat meningkatkan asam lemak sehat dan sekresi lambung yang membantu pencernaan

4. Dapat Mendukung Kesehatan Mata

Vitamin A dan beta-karoten dalam mangga dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Kasus defisiensi vitamin A yang paling parah bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Vitamin A meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan. Secara khusus, vitamin sangat penting untuk fungsi kornea yang optimal.

Mata manusia memiliki dua karotenoid utama seperti lutein dan zeaxanthin. Buah-buahan dari berbagai warna, secara umum (termasuk mangga) adalah sumber zeaxanthin yang kaya dan selalu membantu meningkatkan kesehatan mata.

Manfaat mangga yang juga mengandung lutein dapat meningkatkan kesehatan penglihatan. Menurut sebuah studi di Boston, cryptoxanthin (karotenoid lain dalam mangga) ditemukan mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia pada lansia Jepang.

5. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Bubur buah mangga mengandung karotenoid, asam askorbat, terpenoid, dan polifenol yang dikatakan memiliki sifat anti kanker. Manfaat mangga yang lain juga ditemukan karena mengandung antioksidan unik yang tidak ada dalam buah-buahan dan sayuran lain. Sebuah studi yang dilakukan oleh Texas University menemukan bahwa polifenol dalam mangga memiliki efek anti-karsinogenik yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif (stres oksidatif dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kanker).

Sifat anti kanker mangga juga dikaitkan dengan mangiferin, senyawa yang terutama ditemukan dalam buah. Studi lain yang dilakukan pada tahun 2015 menemukan bahwa polifenol mangga dapat menekan kanker payudara.

Mangiferin juga berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker usus besar dan hati. Sebuah studi yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Toksikologi Industri menemukan bahwa lupeol, triterpene yang ditemukan dalam mangga, dapat membantu melawan kanker prostat.

6. Dapat Membantu Mengobati Diabetes

Manfaat mangga jika Anda mengonsumsinya dapat membantu mengobati diabetes. Sebuah studi terhadap 20 orang dewasa obesitas menunjukkan bahwa konsumsi setengah mangga segar selama 12 minggu menghasilkan penurunan kadar glukosa darah.

Studi lain yang telah dilakukan oleh Central Food Technological Research Institute membuktikan bahwa ekstrak dari kulit mangga memiliki sifat anti diabetes. Studi lain yang juga dilakukan oleh Universitas Ilmu Kedokteran Suzuka menunjukkan bahwa mangiferin dalam mangga memiliki efek menguntungkan pada mereka yang menderita penyakit diabetes tipe 2.

7. Dapat Mengobati Anemia

Manfaat mangga yang selanjutnya adalah karena mangga mengandung zat besi. Mereka dapat membantu individu dan wanita hamil dengan anemia ketika diambil bersama dengan makanan kaya zat besi lainnya. Vitamin C dalam mangga dapat membantu penyerapan zat besi yang tepat dalam tubuh.

8. Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Mangga mengandung vitamin B6. Ketika diambil bersama dengan makanan lain yang kaya vitamin B6, itu dapat meningkatkan kesehatan otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B6 dapat meningkatkan risiko depresi dan kejang.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Institute of Vocational and Technical Education membuktikan bahwa ekstrak mangga mengandung prinsip-prinsip tertentu yang dapat meningkatkan memori. Studi Thailand lainnya menyatakan bahwa ekstrak mangga dapat melindungi terhadap gangguan kognitif ringan. Namun, kita perlu lebih banyak penelitian untuk lebih memahami manfaat kognitif mangga.

9. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Madras, mangiferin dalam mangga ditemukan dapat menurunkan kadar kolesterol. Itu juga menjadi salah satu manfaat mangga yang ditemukan untuk meningkatkan kadar HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik.

10. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian telah menekankan pentingnya kulit mangga (yang kebanyakan dari kita biasanya membuang) dalam menghambat adipogenesis, atau pembentukan sel-sel lemak. Ini dapat membantu menurunkan berat badan jika digabungkan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup yang tepat.

Manfaat mangga yang mengandung serat adalah berpotensi membantu menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian University of Minnesota, terbukti bahwa serat makanan, terutama yang diperoleh dari konsumsi buah-buahan dan sayuran, dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini berkaitan dengan kemampuan serat untuk mengurangi asupan makanan secara umum.

11. Dapat Meningkatkan Kesehatan Hati

Konsumsi mangga dapat meningkatkan fungsi hati. Beberapa bukti menunjukkan bahwa mangga mentah dapat membantu dalam mengobati gangguan hati. Namun, penelitian sangat terbatas untuk membuktikan klaim ini.

12. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sebuah studi yang dilakukan oleh Korea Institute of Oriental Medicine menemukan bahwa manfaat mangga yang diekstrak dapat bertindak melawan penuaan kulit yang diinduksi UVB. Seperti yang sudah dibahas, mangga kaya akan beta-karoten dan vitamin A.

Menurut penelitian di Jerman, karotenoid ini dapat membantu memperkaya kesehatan kulit. Beta-karoten juga merupakan agen fotoprotektif yang dianggap memadamkan reaksi fotokimia di epidermis, sehingga melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Menurut sebuah penelitian di Cina, polifenol dalam mangga menunjukkan aktivitas antikanker. Mereka dapat membantu mengurangi risiko kanker kulit. Beberapa bukti menunjukkan bahwa mangga juga dapat mencegah pertumbuhan jerawat.

13. Dapat Meningkatkan Kesehatan Rambut

Mangga adalah sumber vitamin A yang kaya yang dapat meningkatkan kesehatan rambut.  Vitamin A dapat mengaktifkan folikel rambut. Ini, pada gilirannya, dapat meningkatkan produksi sebum (cairan yang melembabkan kulit kepala) dan meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Mangga juga kaya akan polifenol yang membantu melawan stres oksidatif, yang memiliki efek merugikan pada kesehatan rambut Anda.

14. Dapat Membantu Anda Untuk Mendapatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Mangga mengandung vitamin B6 yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin, bahan kimia yang membantu tidur dan mengatur suasana hati kita. Satu cangkir mangga biasanya menyediakan 8 persen dari kebutuhan B6 harian Anda.

15. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular dan Usus

Menurut penelitian pada tahun 2018, makan dua cangkir mangga sehari bermanfaat bagi tekanan darah sistolik di antara wanita sehat pasca-menopause. Ini disebabkan oleh polifenol (seperti mangiferin, quercetin, gallotannin, dan asam galat) yang dikandung buah.

Manfaat mangga seperti yang telah dibahas di atas sudah jelas sangat banyak dan beragam. Mengonsumsinya tidak akan membuat Anda rugi, melainkan Anda akan mendapatkan begitu banyak khasiat yang mungkin tak dapat Anda dapatkan dari obat suplemen biasa.

Exit mobile version