Rumor Panas Terkait Mutasi di Pemkab Pasaman, Hampir Semua Jabatan Eselon Dievaluasi

Diperkirakan kegiatan evaluasi JPT yang dilaksanakan akan menjadi "batu sandungan" bagi sejumlah pejabat.

Kantor Bupati Pasaman.

PASAMAN, RADARSUMBAR.COM – Gerbong mutasi mulai bergerak di Pemkab Pasaman. Setelah jabatan Eselon III dan IV, kini giliran Eselon II. Evaluasi jabatan pimpinan tinggi (JPT) yang digelar BKPSDM Pemkab Pasaman pada Jumat, Sabtu dan Minggu kemaren adalah sinyal kuat, mutasi, rotasi jabatan Eselon II akan segera dilakukan.

Kepala BKPSDM Pemkab Pasaman, Anasrullah kepada radarsumbar.com, Senin (4/10/2021) di ruangan kerjanya membenarkan bahwa BKPSDM telah melaksanakan kegiatan Evaluasi JPT. “Ini semacam evaluasi jabatan terhadap seluruh pejabat setingkat Eselon II B di lingkungan Pemkab Pasaman,” jelasnya.

Disebutkannya, kegiatan tersebut melibatkan Tim Penilai yang terdiri dari akademisi, birokrat dan mantan birokrat senior. “Tim berjumlah lima orang, yakni H Asrul Syukur (Ketua), DR. Yulhendri, Prof. DR. H. Gunawarman, Nasir Ahmad dan Sekda Pemkab Pasaman, Mara Ondak.

Sementara itu, Sekda Pasaman Mara Ondak tak berhasil ditemui, Senin sore. Saat dihubungi via WhatsApp, yang bersangkutan tak menjawab pertanyaan dari media seputar Pelaksanaan Evaluasi JPT Pemkab Pasaman.

Kegiatan yang berlangsung pada Jumat, Sabtu dan Minggu kemaren itu bertempat di lantai III BKPSDM Pemkab Pasaman, Lubuk Sikaping. Sebanyak 27 pejabat setingkat Eselon II B terlihat mengikuti kegiatan tersebut.

Info beredar di seputaran Rumah Bagonjong (Kantor Bupati Pasaman), diperkirakan kegiatan evaluasi JPT yang dilaksanakan akan menjadi “batu sandungan” bagi sejumlah pejabat. “Tahapan penilaian, sangat subjektif, tak ada ujian tulisan, hanya wawancara saja,” ujar sumber radarsumbar.com.

Rumor ‘panas’ itu bisa saja terjadi karena perubahan SOTK Pemkab Pasaman dan terjadi pengurangan OPD yang dipimpin Eselon II B. Dapat dipastikan, kompetisi dalam mendapatkan jabatan Eselon II semakin ketat.

Belum lagi dengan kepindahan mantan pejabat Eselon II dari “kabupaten tetangga” ke Pemkab Pasaman yang konon kabarnya punya peluang kuat menduduki posisi strategis dan menambah sengitnya rivalitas antar ASN di Pasaman.

Terlepas dari segala macam rumor dan asumsi, masyarakat Kabupaten Pasaman optimis dan sangat berharap Kabinet Benny Utama-Sabar AS bisa membawa Kabupaten Pasaman ke arah dan kondisi yang lebih baik. (rdr-002)

Exit mobile version