Taste Atlas Nobatkan Bawang Goreng jadi Kondimen Terenak di Dunia

Bawang goreng. (Foto: Instagram.com/@tissacake)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Indonesia patut kembali berbangga. Bawang goreng masuk dalam daftar kondimen terenak di dunia versi Taste Atlas.

Predikat tersebut didapat dari daftar Top 53 Condiments in the World yang dirilis Taste Atlas. Dari 53 kondimen yang ada, bawang goreng khas Indonesia menjadi salah satunya.

Dalam daftar, disebutkan bahwa bawang goreng adalah kondimen tradisional yang digunakan dalam berbagai macam masakan. Bawang goreng berada pada urutan kedua dengan raihan poin 4,6.

Bawang goreng sendiri dibuat dari irisan tipis bawang merah yang digoreng dengan minyak berlimpah alias deep fried.

Rasa yang dihasilkan adalah gurih, asin, dan agak pahit. Campuran rasa ini menjadikan bawang goreng sebagai salah satu kondimen terenak di dunia.

Rasa asin kadang didapat dari garam yang digunakan untuk merendam irisan bawang merah. Sebelum digoreng, bawang merah yang telah diiris memang harus direndam terlebih dahulu.

Salah satu alasannya adalah untuk mencegah bawang yang kehitaman karena proses oksidasi. Kondisi ini bisa terjadi saat bawang goreng dibiarkan ditaruh di udara terbuka.

Anda bisa merendam bawang goreng terlebih dahulu di dalam air garam sambil menunggu minyak panas.

Biasanya, bawang goreng dibuat dalam skala besar dan ditaruh di dalam toples kedap udara untuk menjaga tingkat kerenyahannya.

Bawang goreng akan melengkapi berbagai jenis masakan seperti nasi goreng, bakso, sate ayam, semur, dan sop buntut.

Tak cuma itu, cukup menyantap nasi hangat ditambah sedikit kecap dan taburan bawang goreng saja jadi favorit beberapa orang di Indonesia.

Dengan berbagai kelebihannya, tak heran jika bawang goreng jadi salah satu kondimen terenak di dunia. (rdr/cnn)

Exit mobile version