Penggunaan HP tidak Sesuai Usia Bisa Merugikan Anak, Begini Saran Psikolog!

Dampak buruk dari penggunaan HP yang tidak tepat bisa menyebabkan anak kecanduan game online hingga terpapar konten-konten yang tidak cocok untuk usianya

Ilustrasi penggunaan gadget atau HP pada anak. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Anak cenderung menyukai hal yang menyenangkan dan meniru orang dewasa. Perihal itu, mereka sering kali terpapar penggunaan handphone (HP) yang tidak tepat oleh orang di sekitarnya, sehingga bisa berdampak buruk untuk tumbuh kembangnya.

Dampak buruk dari penggunaan HP yang tidak tepat bisa menyebabkan anak kecanduan game online hingga terpapar konten-konten yang tidak cocok untuk usianya. Sebenarnya, boleh saja membiarkan anak sesekali bermain smartphone untuk mengisi waktu. Namun, itu bisa memicu dampak yang tidak baik jika dilakukan terlalu dini dan sering.

Psikolog anak dan remaja, Alzena Masykouri, mengatakan bahwa penggunaan HP yang tidak sesuai dengan usia anak bisa sangat merugikan. Itu dapat mengganggu perilaku hingga kesehatan dan juga mental anak.

“Untuk penggunaan gawai dengan segala aktivitasnya, memang seharusnya diatur dengan ketat untuk anak dan remaja. Alasan utamanya adalah karena mereka belum memiliki kendali diri dan masih lebih bermanfaat aktivitas non gawai pada usia perkembangan mereka,” kata Alzena, Selasa (6/10).

Lebih lanjut Alzena menjelaskan, tahapan pengguna HP yang baik untuk anak-anak di bawah usia 18 tahun. Ia pun memberikan sedikit saran kapan waktu yang tepat untuk Si Kecil bisa menggunakan HP.

0 sampai 5 tahun: Tidak memberikan HP

Saat usia 0-5 tahun, Alzena menyarankan untuk tidak memberikan HP atau tablet kepada anak, kecuali jika terjadi kondisi darurat. Itu pun harus dilakukan pendampingan. Anak di rentang usia ini harus aktif bermain dan berinteraksi dengan orang lain.
“Yang termasuk kondisi darurat adalah kondisi di mana anak harus duduk tenang dalam waktu lebih dari 30 menit dan tidak memungkinkan bagi anak untuk bergerak bebas,” jelasnya.

6 sampai 10 tahun: Bisa dikenalkan HP untuk menunjang produktivitas, tetapi harus didampingi ketat

Usia 6-10 tahun adalah waktu yang tepat untuk memberi dan mengenalkan HP kepada anak untuk penunjang produktivitas mereka. Alzena mengingatkan meski sudah bisa diberikan ponsel, perlu pendampingan yang ketat untuk penggunaannya. “Masa ini adalah masa terbaik untuk mengenalkan mengenai tanggung jawab menggunakan gadget dan internet. Orang tua harus menjadi sumber bagi anak untuk bertanya dan berdiskusi,” katanya.

Di usia sekolah, anak mungkin memerlukan HP untuk sarana di belajar dan menghasilkan sesuatu. Batas pemakaian HP juga perlu diatur dan tidak boleh lebih dari satu jam per hari.

11 sampai 18 tahun: Bertanggung jawab atas penggunaan HP

Kemudian di usia 11-18 tahun, sudah saatnya anak berlatih bertanggung jawab atas diri dan tindakannya, termasuk penggunaan ponsel. Mereka harus dilatih menjaga perangkat dan membiayai aktivitasnya. Orang tua juga tak lupa membuat aturan khusus untuk waktu aktivitas mereka dengan HP. (kumparan.com)

Exit mobile version