Gunung Tandikat Dikabarkan Erupsi, Ini Penjelasan PVMBG

Gunung Tandikat merupakan gunungapi aktif tipe A, berbentuk strato dengan beberapa kawah di puncaknya.

Gunung Tandikat. (dok. istimewa)

Gunung Tandikat. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Berdasarkan kabar yang beredar ramai di media sosial tanggal 26 Desember 2023 bahwa Gunung Tandikat mengalami Erupsi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) pun langsung beri penjelasan.

Dalam rilis yang diterima Radarsumbar.com, Rabu (27/12/2023) disebut jika Gunung Tandikat merupakan gunung api aktif tipe A, berbentuk strato dengan beberapa kawah di puncaknya.

Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Padang Pariaman dan Agam, Provinsi Sumatera Barat, sementara posisi geografis puncaknya berada pada 0”25’57,30” LS dan 100”1901,69” BT dengan tinggi puncak dari permukaan laut mencapai 2438 m atau 1740 m.

Aktivitas erupsi gunung ini tercatat sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 1889 dan 1914. Tidak ada laporan korban jiwa, dan tidak ditemukan adanya endapan piroklastik jatuhan, hanya ditemukan aliran piroklastik dan aliran lava.

“Data erupsi yang tercatat pun hanya abu yang tipis dan tampak disekitar kawah,” tulis rilis tersebut.

Gunung ini dipantau terus menerus secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan yang terletak di Jorong Sikadundung, Nagari Singgalang, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar.

Sementara, perkembangan terakhir aktivitas Gunung api Tandikat dari tanggal 1 Desember hingga 26 Desember 2023 pukul 24:00 WIB sebagai berikut :

  1. Pada pengamatan Visual malam hari tanggal 26 Desember 2023 tidak terdapat tanda-tanda bekas erupsi / hembusan.
  2. Tidak terjadi hujan abu di wilayah sekitar Gunung Tandikat
  3. Alat seismograf tidak merekam gempa erupsi, tetapi hanya dominan noise angin dan hujan badai
  4. Secara visual terlihat jelas hingga tertutup Kabut Asap kawah tidak teramati. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah utara dan timur. Suhu udara sekitar 20-40”C.
  5. Data kegempaan dari tanggal 1 — 24 Desember 2023 selengkapnya terdiri dari 7 kali gempa Tektonik Lokal dan 23 kali gempa Tektonik Jauh.
  6. Saat ini daerah Gunung Tandikat dan sekitarnya sedang mengalami musim hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

Sedangkan untuk potensi ancaman bahaya, aktivitas Gunung Tandikat saat ini adalah gas-gas konsentrasi tinggi di sekitar kawah yang dapat meningkat secara tiba-tiba.

Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh serta hasil pengecekan di Lapangan hingga 26 Desember 2023 pukul 24:00 WIB maka tingkat aktivitas Gunung Tandikat tetap pada Level normal.

Tingkat aktivitas akan dievaluasi secara berkala ataupun dilakukan segera jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum dikeluarkan.

Untuk mendapatkan informasi tentang aktivitas Gunung Tandikat, Pemkab Padang Pariaman dan Pemkab Agam senantiasa berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Bandung atau dengan Pos Pengamatan di nomor 081372770511. (rdr/rel)

Exit mobile version