BMKG Prediksi Cuaca di Sumbar Cerah Berawan hingga Malam

Ada beberapa provinsi terdampak di Indonesia yang berada dalam kategori Siaga dan Waspada bencana.

Ilustrasi. (Foto: Dok. BMKG)

Ilustrasi. (Foto: Dok. BMKG)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – BMKG mengeluarkan peringatan dini dan prediksi cuaca berbasis dampak hujan lebat dengan kategori Siaga dan Waspada bencana di beberapa provinsi di Indonesia.

Berdasarkan peringatan dini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada beberapa provinsi terdampak di Indonesia yang berada dalam kategori Siaga dan Waspada bencana.

“Siaga dan Waspada terhadap bencana hidrometeorologi dampak dari potensi hujan lebat,” tulis BMKG dalam akun Instagram dikutip Sabtu (30/12/2023) pagi.

Sekadar informasi, bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor. Provinsi yang berpotensi mengalami hujan lebat dengan kategori Siaga bencana hidrometeorologi yakni, Aceh, Sumatra Utara, Sumatera Barat, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Sedangkan provinsi yang berpotensi mengalami hujan lebat dengan kategori Waspada bencana hidrometeorologi yakni, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Lalu, kabupaten dan kota yang berpotensi mengalami hujan lebat dengan kategori Waspada bencana hidrometeorologi antara lain Kota Lhokseumawe, Bireuen, Kota Medan, Tapanuli Utara, Lima Puluh Kota, Sawah Lunto, Dumai, Jambi, Lubuklinggau, Bengkulu, Pangkal Pinang.

Juga, Batam, Cilegon, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, Bekasi, Tangerang Selatan, Bandung, Sumedang, Batang, Banjarnegara, Malang, Situbondo, Pontianak dan Hulu Sungai Utara.

Sementara itu, khusus untuk Kota Padang, prediksi BMKG memperkirakan besok akan cerah berawan sejak pagi hingga malam. Begitu juga dengan sebagian besar Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. (rdr)

Exit mobile version