Survei Terbaru, Prabowo-Gibran Unggul Telak di Sumatera

Sebagai catatan, persentase responden di tiap wilayah-wilayah berbeda.

Capres Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Dok. Istimewa)

Capres Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Dok. Istimewa)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Hasil survei terbaru pemilihan presiden (Pilpres) 2024, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul telak di Sumatera.

Baru-baru ini, survei dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) mengungkap elektabilitas Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bersaing ketat di wilayah Sumatera dan Jakarta-Banten.

Meski bersaing ketat, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming masih tetap mengungguli kompetitornya itu.

CSIS melakukan survei dengan cara membreakdown elektabilitas Capres-Cawapres berdasarkan wilayah yang terbagi menjadi Sumatera, Jakarta-Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah-Yogyakarta, Jawa Timur, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi-Gorontalo, dan Maluku-Papua.

“Kalau kami breakdown berdasarkan zona, memang menunjukkan di wilayah Sumatera itu pasangan 01 dan 02 masih bersaing ketat,” kata Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Di wilayah Sumatera, elektabilitas Anies-Muhaimin 34,4 persen, sedangkan Prabowo-Gibran mendapatkan 36,5 persen. Sementara di Jakarta-Banten, elektabilitas sama-sama 35,2 persen.

Namun dalam hal ini, pasangan Prabowo-Gibran yang paling sering memenangi wilayah.

Selain di Sumatera, pasangan Prabowo-Gibran juga menang di Jawa Barat, Jawa Timur, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi-Gorontalo, dan Maluku-Papua.

Sementara itu, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya menang di wilayah Jawa Tengah-Yogyakarta.

Sebagai catatan, persentase responden di tiap wilayah-wilayah berbeda.

Rincinya, Sumatera 21,9 persen (dari jumlah responden), Jakarta-Banten 8,1 persen, Jawa Barat 17,7 persen, Jawa Tengah-Yogyakarta 15,4 persen.

Kemudian, Jawa Timur 15,4 persen, Bali-Nusa Tenggara 5,4 persen, Kalimantan 6,2 persen, Sulawesi-Gorontalo 6,9 persen, dan Maluku-Papua 3,1 persen.

Reratanya, untuk Pulau Sumatera, pasangan Anies-Muhaimin mendapatkan hasil 29,6 persen, Prabowo-Gibran 45,1 persen dan Ganjar-Mahfud hanya meraih 15,9 persen serta tak menjawab sebanyak 9,4 persen. (rdr)

Exit mobile version