Alhamdulillah! Besok, Kota Padang Turun Level PPKM

Kota Padang secara resmi keluar dari pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan turun level mulai Selasa (12/10) besok.

Airlangga Hartarto

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kota Padang secara resmi keluar dari pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan turun level mulai Selasa (12/10) besok. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komite Penanganan Covid-19 Airlangga Hartarto.

Dia mengatakan, Padang adalah salah satu dari dua kota yang turun level. “Dua kota itu adalah Padang dan Banjarmasin,” katanya, Senin (11/10/2021).

Kendati demikian, Airlangga tidak merinci level PPKM yang dilaksanakan oleh Padang. Padang sendiri diketahui merupakan satu dari enam kota yang menjadi perhatian pemerintah hingga pekan lalu.

Namun, kata Airlangga, penurunan Positivity Rate dan evaluasi pelaksanaan vaksinasi menjadi dua faktor penurunan pelaksanaan PPKM di Padang dan Banjarmasin. “Keenam Kabupaten dan Kota itu adalah Kabupaten Pidie, Kabupaten Bangka, Kota Padang, Kota Banjarmasin, Kabupaten Bulungan, dan Kota Tarakan,” jelas dia.

Dengan demikian, sebut dia, 4 daerah lain selain Padang dan Banjarmasin masih melaksanakan PPKM Level 4. “Sebab vaksinasi 4 daerah itu masih di bawah nasional,” ujar Airlangga singkat.

Kebijakan pemerintah pusat ini menjadi kabar baik bagi Pemko Padang yang sebelumnya mengharapkan Padang turun level PPKM. Wali Kota Padang, Hendri Septa bahkan telah memerintahkan seluruh kepala OPD, Camat dan Kepala Puskesmas untuk melalukan langkah cepat pelaksanaan vaksinasi demi bisa turun ke level 3.

“Agar keluar dari level 4, kita butuh 20.000 warga yang sudah divaksin dalam lima hari ke depan,” harapnya.

Hingga hari ini, Dinas Kesehatan Kota Padang melansir jumlah capaian vaksinasi sebanyak 42,9%. Artinya, sebanyak 310.000 warga Padang sudah divaksin. “Kita kejar target minimal dari pemerintah pusat dalam lima hari ini, kita harus capai angka 45%,” tutupnya. (rdr/ist)

Exit mobile version