Transaksi Lewat QRIS Diprediksi Meningkat Selama Ramadan di Sumbar

Pada Ramadan tahun ini transaksi menggunakan QRIS diprediksi bisa menyentuh angka dua juta transaksi.

ilustrasi layanan QRIS. (dok. istimewa)

ilustrasi layanan QRIS. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pembayaran secara nontunai menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) di Sumatera Barat (Sumbar) diprediksi meningkat signifikan selama Ramadan.

Deputi Kepala Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Dandy Indarto Seno mengatakan, berdasarkan pengalaman di 2023, pembayarannya melonjak pada Ramadan dibanding bulan-bulan biasa.

Dandy mengungkapkan, pada Ramadan tahun ini transaksi menggunakan QRIS diprediksi bisa menyentuh angka dua juta transaksi.

“Khusus pada Ramadan 2023, jumlah transaksi menggunakan QRIS mencapai 1,2 juta kali.”

“Itu angka cukup tinggi di Sumbar. Tahun ini kita targetkan sampai dua juta transaksi,” ucapnya di Padang, Jumat 29 Maret 2024.

Sementara secara keseluruhan pada 2023, volume transaksi mencapai 8,2 juta kali, naik signifikan 154,38 persen dibanding 2022. Sementara tahun ini volume penggunaan ditargetkan naik menjadi 12,3 juta kali.

Dandy menambahkan, berdasar pantauan BI, daerah yang tertinggi dalam penggunaan QRIS di Sumbar yakni Kota Padang, Bukittinggi, dan Tanah Datar. Sementara kabupaten/kota lainnya masih tergolong rendah. (rdr/MC Padang)

Exit mobile version