Jamin Suplai BBM ke Sumbar, Pertamina Pastikan tak Ganggu Kebutuhan Daerah Lain

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Freddy Anwar saat diwawancarai di Kabupaten Tanahdatar, Selasa (21/5/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan suplai bahan bakar minyak (BBM) ke wilayah yang terdampak bencana alam di Sumatera Barat (Sumbar) tidak akan mengganggu kebutuhan di daerah penyuplai.

“Insya Allah tidak akan terganggu. Karena daerah penyuplai ini memiliki cadangan energi juga,” kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Freddy Anwar di Kabupaten Tanahdatar, Selasa.

Freddy mengatakan sejak bencana lahar dingin dan tanah longsor melanda Provinsi Sumbar pada Sabtu (21/5) malam, distribusi energi baik BBM maupun elpiji menjadi terganggu ke beberapa daerah akibat putusnya akses jalan nasional.

Menyikapi hal itu, Pertamina Patra Niaga Sumbagut menyiapkan skema alternatif dengan memasok kebutuhan BBM maupun elpiji yang sebelumnya dari Teluk Kabung Kota Padang, kini dipasok dari Sungai Siak, Dumai, Bengkulu, Sibolga dan Jambi untuk disalurkan kembali ke Kabupaten Agam, Bukittinggi, Tanahdatar, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

“Jadi, kita menggunakan cadangan energi dari daerah penyuplai untuk kebutuhan pasokan di daerah yang terdampak bencana sehingga tidak akan mengganggu kebutuhan di sana,” ujarnya.

Jika diakumulasikan per harinya Pertamina Patra Niaga Sumbagut mendistribusikan sekitar 2.500 liter BBM ke beberapa daerah yang terdampak bencana lahar dingin Gunung Marapi.

Tidak hanya menyiapkan BBM maupun elpiji untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Pertamina juga menjamin ketersediaan energi bagi alat berat yang beroperasi dalam pemulihan bencana di daerah.

Terakhir, perusahaan di bawah naungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut juga memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat di daerah terdampak bencana. (rdr/ant)

Exit mobile version