Pj Wako Padang Sidak SPPBE, Pastikan Kualitas dan Kuantitas LPG 3 Kilogram Sesuai Standar

Kepada seluruh pelaku usaha agar menjalankan usahanya dengan jujur, jangan melakukan kecurangan.

Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar beserta jajaran Pertamina-Hiswana Migas meninjau kondisi terkini SPPBE yang berada di kawasan Bypass Air Pacah pada Jumat (31/5/2024) siang. (Foto: Dok. Prokopim)

Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar beserta jajaran Pertamina-Hiswana Migas meninjau kondisi terkini SPPBE yang berada di kawasan Bypass Air Pacah pada Jumat (31/5/2024) siang. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) yang beralamat di Jalan Bypass KM 16, Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah pada Jumat (31/5/2024) siang.

Sidak tersebut dilakukan demi memastikan kelaikan kuantitas dan kualitas Liquified Petroleum Gas (LPG) ukuran tiga kilogram yang siap diedarkan kepada masyarakat.

“Hari ini kami mengunjungi SPPBE PT Statika Mitra Sarana untuk melakukan pengecekan LPG 3 kilogram yang siap edar ke masyarakat. Hasil temuannya Alhamdulillah cukup baik. LPG 3 kilogram di sini kualitasnya sesuai dengan standar yang ditentukan. Kami berharap seluruh SPPBE di Kota Padang selalu konsisten menjaga standar ini,” kata Andree.

Sidak tersebut, katanya, juga menindaklanjuti arahan Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan yang meminta setiap Bupati dan Wali Kota se-Indonesia melakukan pemeriksaan ke SPPBE di daerah masing-masing.

“Tujuannya memastikan LPG tiga kilogram yang diedarkan ke masyarakat harus sesuai dengan takarannya. Beratnya harus sama dengan barang dalam keadaan terbungkus (BDKT), sehingga tidak ada masyarakat yang dirugikan,” katanya.

Pemerintah Kota (Pemko) dan semua pihak terkait, katanya, berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan, baik ke SPPBE ataupun ke pangkalan-pangkalan LPG tiga kilogram yang ada di wilayah Kota Padang.

“Untuk itu kepada seluruh pelaku usaha agar menjalankan usahanya dengan jujur, jangan melakukan kecurangan yang dapat merugikan masyarakat dan negara,” katanya.

Sementara itu, Sales Area Manager (SAM) Pertamina Sumbar, Narotama Aulia Fazri mengapresiasi Pj Wako Padang dan jajaran yang telah hadir langsung melakukan sidak ke SPPBE PT Statika Mitra Sarana.

“Hal yang sama sebenarnya sudah kami lakukan secara berkala. Namun kehadiran Pj Wako Padang dan jajaran kali ini tentu semakin menguatkan lagi,” katanya.

Tak hanya itu, Ketua Hiswana Migas Sumbar, Ridwan Hosen membeberkan bahwa pihaknya telah meminta Pertamina dan SPPBE yang ada di wilayah Sumbar selalu menjaga kualitas dan kuantitas LPG tiga kilogram yang diedarkan ke masyarakat.

Sementara itu, Direktur Utama SPPBE PT Statika Mitra Sarana, Andrew Sadikin mengatakan, dalam bekerjasama dengan PT Pertamina, pihaknya selalu berupaya menjaga kualitas LPG tiga kilogram yang dikelola sesuai aturan yang ada.

“LPG tiga kilogram yang kami punya sejauh ini sesuai berat dan isi tabungnya, serta layak dipasarkan ke masyarakat secara kuantitas dan kualitas,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version