Gandeng Dinas Kehutanan Sumbar, Semen Padang Tanam 1000 Bibit Obat Anti Kanker di Gunung Singgalang

Semen Padang tanam 1000 bibit taxus.

AGAM, RADARSUMBAR.COM – Kelompok tani hutan taxus Singgalang melalui Dinas Kehutanan Sumatera Barat, menggandeng PT Semen Padang melakukan penanaman 1000 bibit taxus di kawasan gunung Singgalang, daerah Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar.

Penanaman pohon taxus ini dilakukan pada Selasa (30/11/2021) siang di Pandai Sikek yang sekaligus pencanangan daerah tersebut menjadi Nagari Taxus yang dilakukan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah.

Hadir pada acara itu, Kepala Unit CSR PT Semen Padang Rinold Thamrin, Kepala BP2TSTH, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, Bupati Tanah Datar serta sejumlah instansi dan tokoh masyarakat.

Pengembangbiakan tanaman taxus yang merupakan obat kanker dan tumor mulai dilakukan secara massal di Pandai Sikek. Tanaman Taxus Sumatrana yang tergolong langka dan hampir punah ini, awalnya hanya terdapat di dua daerah di Sumatera Barat yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam. Bahkan dari dua daerah tersebut, hanya terdapat 11 batang pohon yang hidup (10 di Tanah Datar dan 1 di Agam).

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansyarullah mengaku senang dan berterimakasih pada PT Semen Padang, yang telah ikut berpartisipasi melalui CSRnya dalam pembudidayaan dan pengembangan Taxus Sumatrana. “Kami menyampaikan terimakasih pada PT Semen Padang atas dukungannya sehingga terlaksana pengembangan dan budi daya taxus di daerah Pandai Sikek,” katanya. (rdr)

Exit mobile version