Rayakan Hari Listrik Nasional, PLN Sumbar Beri Sambungan Gratis untuk Warga Kurang Mampu

PLN memberikan sambungan gratis kepada warga. (Foto: Dok. MC Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-79, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatra Barat (Sumbar) memberikan bantuan pemasangan listrik gratis kepada warga kurang mampu melalui program Light Up The Dream (LUTD).

General Manager PLN UID Sumbar, Ajrun Karim, menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia sebagai wujud kepedulian sosial para pegawai PLN.

“Program ini berasal dari donasi para pegawai di lingkungan PLN. Hari ini, ada 49 rumah warga di Kota Padang yang mendapat bantuan listrik gratis,” ujar Ajrun saat acara pelaksanaan program LUTD di Kelurahan Mato Aia, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Provinsi Sumbar pada Rabu (23/10/2024).

Ia menambahkan, secara nasional, PLN menyambungkan listrik gratis kepada 28.417 rumah, di mana 236 di antaranya adalah warga dari Provinsi Sumbar. “Program ini sudah dimulai sejak tahun 2020, dan hingga saat ini telah ada hampir dua juta sambungan yang terpasang. Untuk Sumbar sendiri, sudah ada 2.786 sambungan, dan di Padang sebanyak 1.200 sambungan,” jelas Ajrun.

Program ini memprioritaskan warga yang tinggal di daerah Tertinggal, dan Terdepan, Terluar (3T). Kemudian, masyarakat kurang mampu yang sangat membutuhkan. “PLN sebagai operator tenaga listrik pemerintah ingin memastikan layanan kelistrikan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Untuk mendapatkan data warga yang layak menerima bantuan, PLN bekerja sama dengan BINDA, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Ajrun juga menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan meliputi gratis biaya pemasangan, pemasangan instalasi listrik dengan dua titik stop kontak dan lampu di setiap rumah, serta bantuan pembayaran token listrik selama tiga bulan.

PLN juga bermitra dengan berbagai instansi, termasuk TNI/Polri, untuk menjangkau warga binaan yang membutuhkan sambungan listrik atau belum menikmati listrik secara langsung.

Salah satu penerima bantuan, Fandi, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada PLN. “Selama ini kami menumpang listrik dari rumah saudara, dan sekarang sangat senang karena sudah bisa menyalakan listrik sendiri di rumah,” kata Fandi dengan wajah sumringah. (rdr/mc)

Exit mobile version