Pasar Murah Minyak Goreng di Pasar Terminal Antokan Agam Ramai Pembeli, Warga Minta Jatah Ditambah

Pengunjung sedang membeli minyak goreng di lokasi operasi pasar murah minyak goreng di Pasar Terminal Antokan Lubukbasung, Rabu (26/1). (Antara/Yusrizal)

LUBUK BASUNG, RADARSUMBAR.COM – Operasi pasar murah minyak goreng di Pasar Terminal Antokan Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada Rabu (26/1/2022) ramai pembeli karena harga jual yang cukup murah hanya Rp14 ribu per liter.

Salah seorang warga, Lindawati (42) di Lubukbasung, Rabu (26/1/2022), mengatakan pihaknya datang ke lokasi pasar murah semenjak pukul 08.00 WIB. “Saya datang ke lokasi operasi pasar murah dari Sungai Jariang, Kecamatan Lubukbasung dengan jarak sekitar lima kilometer,” katanya.

Ia mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Agam dan PT Wira Inno Mas yang telah mengadakan operasi pasar dalam membantu warga saat harga minyak goreng mahal. Biasanya, ia membeli minyak goreng seharga Rp38 ribu per dua liter, dan sekarang hanya Rp28 ribu per dua liter. “Perbedaan harga di operasi pasar Rp10 ribu dan saya berharap ada penambahan jatah untuk satu orang pembeli, sehingga bisa persediaan untuk satu minggu,” katanya.

Sementara itu, Humas PT Wira Inno Mas, Gunawan Ginting mengatakan antusias warga untuk membeli minyak goreng di pasar murah cukup tinggi. “Kami cukup kewalahan dalam melayani masyarakat dengan menyediakan 11 petugas di lokasi operasi pasar. Operasi pasar juga dibantu anggota Satpol PP Agam dan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Agam,” katanya.

Ia mengatakan, operasi pasar pertama di Halaman Kantor Camat Tanjung Raya, dibuka pukul 9.00 WIB dan minyak goreng habis sebanyak 3.000 liter pada pukul 14.00 WIB dari jadwal terakhir pukul 15.00 WIB.

Di Pasar Terminal Antokan Lubukbasung, tambahnya, operasi pasar dibuka pada pukul 09.30 WIB dan pukul 11.00 WIB sudah habis lebih dari setengah alokasi pasar murah sebanyak 3.000 liter. “Peminat cukup tinggi dan pengunjung kami atur agar tidak berdesakan. Minyak goreng dengan merek M dan M dijual dengan harga Rp14 ribu per liter dan satu warga hanya boleh membeli dua liter,” katanya.

Ia menambahkan, operasi pasar itu berkat kerja sama antara PT Wira Inno Mas dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Agam. Ini dalam rangka membantu masyarakat saat harga minyak goreng tinggi di pasaran. “Ini bentuk kepedulian kami kepada masyarakat saat harga minyak goreng cukup tinggi setelah harga bahan baku tinggi dan panen tandan buah segar berkurangi,” katanya.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Agam, Nelfia Fauzana menambahkan Agam mendapatkan alokasi sebanyak 10 ribu liter untuk operasi pasar murah dan kegiatan itu diadakan di Kecamatan Tanjungraya dengan jumlah 3.000 liter bertempat di halaman kantor camat setempat, Selasa (25/1/2022).

Sedangkan di Kecamatan Lubukbasung sebanyak 3.000 liter diadakan di Pasar Terminal Antokan pada Rabu (26/1/2022). Setelah itu di Kecamatan Tilatangkamang sebanyak 4.000 liter diadakan di halaman Kantor Wali Nagari Koto Tangah pada Kamis (27/1/2022). “Operasi pasar merupakan program Menteri Perdagangan dalam rangka menstabilkan harga minyak goreng,” katanya. (ant)

Exit mobile version