Webinar Resolusi Keuangan, Financial Planner: Kemampuan Kelola Keuangan Menentukan Kualitas Kehidupan

Webinar financial planner Semen Padang.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – PT Semen Padang menggelar webinar dengan tema “Susun Resolusi Keuangan Agar Tidak Menyesal Kemudian”, Kamis (27/1/2022). Kegiatan yang digelar secara virtual itu menghadirkan Financial Planner Oneshildt, Budi Raharjo sebagai narasumber dan diikuti secara antusias oleh insan Semen Padang Group.

Dalam paparannya, Budi Raharjo menyampaikan bahwa resolusi keuangan adalah suatu pernyataan sikap yang ditujukan kepada diri sendiri untuk tujuan positif. Dan resolusi keuangan akan membuat hidup lebih baik dari berbagai aspek.

Tujuan dari resolusi keuangan, yaitu untuk tujuan keuangan yang SMART atau Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Time Frame. Maksud dari Specific ini adalah, harus jelas prioritas uangnya untuk apa. Measurable, juga harus jelas nilai kebutuhan dananya. Kemudian Achievable, maksud tujuan keuangannya bisa diraih dengan sumber daya keuangan yang ada.

Realistic maksudnya juga jelas dan realistis, jangan untuk konsuntif. “Sedangkan Time Frame, tujuan keuangan memiliki jangka waktu yang jelas kapan dibutuhkan,” kata Direktur dan Senior Partner OneShildt Financial Planning itu.

Ketua Independent Financial Planner Club itu menyampaikan bahwa kemampuan mengelola keuangan akan menentukan kualitas kehidupan ke depan. Bahkan, dirinya juga sering kali menemukan adanya kasus-kasus keuangan yang gagal, meskipun income-nya besar.

“Income besar tapi keuangannya gagal, bahkan ada yang tidak punya aset, disebabkan karena tidak tidak bisa menyusun resolusi keuangan dengan baik, seperti tujuannya tidak realistis, tidak punya rencana tindakan tertulis, tidak dijadikan kebiasaan, tidak memiliki support system, dan tidak dimonitor,” kata Financial Planner bersertifikasi CFP® dan QWP® serta AEPP itu. (rdr)

Exit mobile version