Semangat untuk Melangkah Maju di HUT ke-112 PT Semen Padang

Menurut catatan sejarah, pabrik semen di Indarung, satu satunya di Hindia Belanda waktu didirikan, bahkan sampai Indonesia merdeka.

Pabrik Indarung 1 PT Semen Padang, pabrik semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – PT Semen Padang kini memasuki usia 112 tahun, bisa dikatakan lebih tua dari negara yang kini memilikinya. Satu abad lebih, kiprah perusahaan yang memproduksi semen itu menorehkan sejarah mengikuti arus zaman ke zaman.

Silih berganti keadaan yang dihadangnya, silih berganti pula kepemilikannya, namun produksi semen tetap berlanjut. Tak ada hari libur, hanya operator mesin yang bergantian. Pernah libur, di masa-masa awal, mesin rusak, perang tiba, tapi berlanjut lagi hingga sekarang.

Menurut status pendiriannya, perusahaan ini bertujuan untuk mengelola pabrik semen dan sekaligus pedagang semen. Menurut catatan sejarah, pabrik semen di Indarung, satu satunya di Hindia Belanda waktu didirikan, bahkan sampai Indonesia merdeka.

Kantor pusatnya dulu terletak di Prins Hendrikkd 123, Amsterdam dan kota cabangnya di Padang dikelola oleh Firman “Gebroedder Veth’s Maatschappij” yang sekaligus bertindak sebagai perwakilan perusahaan di Hindia Belanda ketika itu.

Ketika pabrik semen Indarung dibuka secara resmi pada Juni 1910, sebagian besar bangunan fisik pabrik sudah rampung, tapi alat-alat perlengkapan pabrik masih belum siap terpasang pada tempatnya.

Demikian juga dengan infrastruktur lainnya, seperti pemasangan kabel lori dan jaringan jalan–jalan kecil yang menghubungkan antar kawasan di sekitar lokasi pabrik yang juga masih terus dikerjakan.

Waktu pabrik dibuka dalam sebuah upacara pada pertengahan 1910, petinggi Belanda di Padang datang meresmikannya. Dicatat dalam sejarah, peresmian PT Semen Padang dilakukan oleh Aspirant Controluer (Wakil Kontrolir, yakni pejabat kulit putih jajaran paling bawah, setingkat Camat) distrik Lubuk Kilangan.

Lalu, dari pihak pribumi, ketika itu hadir semua kepala-kepala pemerintahan di Lubuk Kilangan, Pauh V, Pauh IX dan Limau Manis, bahkan termasuk Mantri Kopi juga hadir dalam peresmian perdana pabrik ini.

Foto penurunan klin cikal bakal Semen Padang.

Perannya Sangat Signifikan
Di usia ke-112, PT Semen Padang telah banyak berkontribusi untuk masyarakat Sumbar dan kemajuan pembangunan dan perekonomian di Sumbar. Kontribusi itu ditunjukkan PT Semen Padang melalui penyaluran bantuan untuk masyarakat dan UMKM, pelestarian lingkungan, hingga percepatan vaksinasi Covid-19.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan, peran yang dilakukan PT Semen Padang selama ini sangat signifikan dan begitu jelas. Jika terjadi musibah dan bencana seperti musibah gempa di Pasaman Barat dan Pasaman, PT Semen Padang juga turun menyalurkan bantuan.

”Kemudian juga musibah-musibah yang terjadi di tempat yang lain, Semen Padang juga selalu berkontribusi memberikan bantuan. Perannya signifikan sekali,” ungkap Mahyeldi.

Tidak hanya itu, lanjut Mahyeldi, PT Semen Padang juga selalu menunjukkan kepedulian dengan memberikan bantuan untuk rumah ibadah dan masyarakat. Melalui dana Corporate Social Responsibility, PT Semen Padang juga melakukan pembinaan pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumbar.

”Alhamdulillah, UMKM-UMKM yang dibina Semen Padang itu bisa berkembang sehingga membangkitkan perekonomian Sumbar,” tutur Mahyeldi.

Di sisi lain, orang nomor satu di Sumbar ini menambahkan, PT Semen Padang bersama Universitas Bung Hatta juga telah berhasil membudidayakan ikan bilih. Upaya yang dilakukan PT Semen Padang ini sangat membantu budidaya ikan bilih di Danau Singkarak.

”Mudah-mudahan ikan bilih ini bisa berkembang, sehingga akan sangat membantu pendapatan masyarakat di sekitar Danau Singkarak,” harap Mahyeldi.

Lebih lanjut Mahyeldi menyebut, keberadaan PT Semen Padang di Sumbar sangat kuat. Dalam masa wabah pandemi Covid-19, PT Semen Padang juga turut membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

”Mudah-mudahan ini semuanya semakin lebih baik di masa yang akan datang. Saya mengucapkan selamat HUT ke-112 Semen Padang. Mudah-mudahan Semen Padang, kerja dan kinerjanya semakin lebih baik di masa-masa mendatang,” tutup Mahyeldi.

Lingkungan asri PT Semen Padang.

Banyak Beri Dukungan untuk Daerah
Senada, Wali Kota Padang Hendri Septa juga mengucapkan selamat pada PT Semen Padang yang merayakan HUT ke-112 tahun pada Jumat (18/3/2022) ini. Menurutnya, PT Semen Padang adalah perusahaan besar di Sumbar yang banyak berkontribusi untuk kemajuan daerah.

”Saya bangga karena di Padang ada industri besar, yaitu Semen Padang. Telah banyak bantuan dan dukungan yang diberikan Semen Padang untuk Kota Padang dan warga Padang,” sebut Hendri.

Hendri sangat mengapresiasi PT Semen Padang yang telah mendukung program yang dilaksanakan dalam percepatan penanganan Covid-19. Di antaranya melalui vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Pemko Padang.

”Dukungan dan kontribusi, serta sinergi dengan Pemko Padang melalui berbagai program yang dilaksanakan Semen Padang menyentuh langsung masyarakat. Termasuk, percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Padang,” kata Hendri.

Mampu Berkolaborasi dengan Masyarakat
Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubukkilangan Basri Dt Rajo Usali menyampaikan, selama ini sinergi PT Semen Padang dengan masyarakat di sekitar lingkungan berjalan dengan sangat baik. Sinergi itu salah satunya dalam bentuk pemberian bantuan dari PT Semen Padang.

”Bantuan itu berupa bantuan anggaran kepada Forum Nagari Kelurahan di tujuh kelurahan pada Kecamatan Lubukkilangan,” papar Basri.

Selain itu, juga ada alokasi anggaran untuk Forum Nagari Kecamatan Lubukkilangan. Di sisi lain, sebut Basri, PT Semen Padang melalui dana CSR juga banyak memberikan bantuan sosial kepada masyarakat di lingkungan sekitar Lubukkilangan.

”Ada bantuan untuk membuat jalan, jembatan, irigasi. Contohnya tahun kini kita sedang mengerjakan jembatan di daerah Tarantang. Sudah mulai bekerja dan itu dibantu Semen Padang,” ucap Basri.

Sementara itu, Ketua KAN Nagari Limaumanih Syarifudin Dt Bungsu menambahkan, perhatian PT Semen Padang terhadap masyarakat lingkungan, terutama masyarakat di Nagari Limaumanih sangat besar sama, seperti di Kecamatan Lubukkilangan.

”Selain memberikan bantuan dana untuk Forum Nagari Kelurahan dan Forum Nagari Kecamatan, itu dibantu oleh Semen Padang berupa semen sebanyak 4.000 zak semen,” ungkap Syarifudin.

Syarifudin juga berharap, sinergi yang telah terjalin selama ini antara PT Semen Padang dengan masyarakat di sekitar lingkungan terus ditingkatkan. Semen Padang terus memberikan bantuan dan masyarakat di lingkungan sekitar.

“Sehingga, masyarakat akan menjaga agar Semen Padang dalam melaksanakan kegiatannya bisa berjalan lancar dan tidak ada halangan yang akan merugikan,” tutup Syarifudin.

Seperti diketahui, pada 18 Maret 2022 ini PT Semen Padang genap berusia 112 tahun. Tema HUT ke-112 tahun ini adalah ”Rise Stronger” atau bangkit lebih tangguh. (rdr)

Exit mobile version