TRC Semen Tonasa Belajar Penanganan Bencana ke Semen Padang

TRC Semen Tonasa juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang digelar PT Semen Padang di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, Rabu (23/3/2022).

GM Komunikasi & Legal PT Semen Tonasa, Said Khalik (tiga dari kiri) dan Wakil Koordinator Lapangan TRC Semen Padang, Marsudi (tengah) foto bersama dengan TRC Semen Padang usai latihan penyelamatan di ketinggian 9vertikal rescue) di Pabrik Indarung I PT semen Padang, Rabu (23/3/2022).

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Tim Reaksi Cepat (TRC) PT Semen Tonasa melakukan studi banding ke TRC Semen Padang dalam penanganan kebencanaan.

Dalam studi banding itu, TRC Semen Tonasa juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang digelar PT Semen Padang di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, Rabu (23/3/2022).

“TRC PT Semen Tonasa berdiri belum sampai satu tahun. Kami belajar ke TRC PT Semen Padang yang dikenal cukup bagus, dan memiliki banyak pengalaman dalam menanggulangi kebencanaan,” kata GM Komunikasi & Legal PT Semen Tonasa Said Khalik yang mendampingi TRC PT Semen Tonasa.

Said menjelaskan, studi banding TRC PT Semen Tonasa ke PT Semen Padang selama empat hari, sejak Senin (21/3/2022) hingga Kamis, (25/3/2022). Ada tiga tujuan dalam studi banding TRC Semen Tonasa ke TRC Semen Padang. Ketiga tujuan itu nantinya, akan diimplementasikan oleh TRC Semen Tonasa.

Pertama, latihan dengan TRC Semen Padang bagaimana cara naik dan turun dari ketinggian. Kedua, mengidentifikasi apa-apa saja kebutuhan yang harus dimiliki TRC Semen Tonasa, termasuk sistem atau buku petunjuk terkait organisasi.

“Alhamdulillah, tadi siang kami sudah berkunjung ke Mako TRC Semen Padang, dan dalam kunjungan itu kami juga sudah mengidentifikasi apa-apa saja yang menjadi kebutuhan kami, dan kami tadi juga latihan vertical rescue dengan TRC Semen Padang,” ujarnya.

Kemudian tujuan ketiga, terkait dengan apa-apa saja peranan TRC Semen Padang yang nantinya akan diduplikasikan oleh TRC Semen Tonasa. Baik itu peranan dalam bencana alam, bencana longsor dan kebakaran yang terjadi di lingkungan perusahaan, termasuk di pabrik.

“Nah, peranan-peranan ini nantinya akan kami pelajari. Bahkan dalam waktu dekat ini, kami juga akan melakukan pelatihan dasar (diksar) dengan mendatangkan TRC Semen Padang ke Semen Tonasa. Setelah itu, kami juga lakukan pelatihan gabungan bersama TRC Semen Padang,” bebernya. (rdr)

Exit mobile version