SKIPM Padang Awasi Mutu Ikan di Pasar Tradisional di Pasaman

Petugas mengambil sampel hasil perikanan yang dijual di salah satu pasar tradisional di Kabupaten Pasaman Kamis (24/3/2022). (Antarasumbar/HO-SKIPM Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Padang berupaya meningkatkan mutu hasil perikanan yang dijual pedagang di pasar tradisional dengan cara melakukan pengawasan secara langsung salah satunya di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Kepala SKIPM Padang, Abdur Rohman di Padang, Rabu (23/3/2022), mengatakan pengawasan dilakukan di tiga pasar tradisional di Kabupaten Pasaman yakni Pasar Kumpulan, Pasar Lubuk Sikaping dan Pasar Panti.

Menurut dia tim melakukan pengawasan terhadap sarana dan prasarana sanitasi dan pengambilan sampel ikan untuk selanjutnya diuji di laboratorium Stasiun KIPM Padang. Adapun sampel hasil perikanan yang diuji mulai dari uji organoleptik, ALT, Coliform, E. coli, Salmonella sp dan kandungan Formalin.

Jenis sampel ikan yang diambil semuanya dalam keadaan segar yaitu ikan mas dan nila serta lima besar komoditi hasil perikanan yang dipasarkan. Selain itu pada sampel juga dilakukan pengukuran suhu untuk memastikan penanganan rantai dingin berjalan dengan baik.

Dirinya berharap upaya ini dapat meningkatkan mutu hasil perikanan dan memasyarakatkan makan ikan pada masyarakat yang akan berdampak terhadap peningkatan kesehatan.

Pengawasan ini dilakukan dalam rangka Implementasi Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Stasiun KIPM Padang melakukan kegiatan pengawasan mutu dan keamanan hasil perikanan untuk dalam rangka penyediaan pangan sehat secara terpadu dengan pihak terkait.

Mulai dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, UPTD Pengujian dan Penerapan Mutu Hasil Perikanan (PPMHP) Sumatera Barat, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Pasaman.

Lalu Koordinator Penyuluh Perikanan Kabupaten Pasaman, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman, Satuan Pengawas Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Padang dan Universitas Bung Hatta di pasar tradisional yang berada di wilayah Kabupaten Pasaman. (rdr/ant)

Exit mobile version