Warga Diminta tak Menimbun, Pemko Padang Sebut Stok Bahan Pokok Cukup saat Ramadhan

Kepala Dinas Perdagangan Padang Andree Algamar. (Antarasumbar/Ikhwan Wahyudi)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Padang memastikan stok bahan pokok mencukupi saat Ramadhan dan mengimbau warga tidak berbelanja berlebihan apalagi sampai menimbun.

“Kalau untuk stok bahan pokok dipastikan aman, kami juga melakukan pengecekan setiap hari, karena itu kepada warga mari berbelanja secukupnya sesuai kebutuhan,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andree Algamar di Padang, Rabu (30/3/2022).

Berdasarkan pantauan tiga hari menjelang Ramadhan memang dijumpai sejumlah komoditas pokok mengalami sedikit kenaikan yaitu cabai merah dan tepung terigu.

Untuk cabai merah keriting harganya mencapai Rp32 ribu per kilogram, cabai merah besar Rp36 ribu per kilogram dan gula pasir kristal putih Rp15 ribu per kilogram.

Kemudian bawang merah biasa Rp28 ribu per kilogram, daging ayam ras Rp30 ribu per kilogram, daging sapi Rp140 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp24 ribu per kilogram.

Dinas Perdagangan memastikan stok mencukupi dan saat ini cuaca juga cerah sehingga jalur distribusi berjalan lancar. “Yang dikhawatirkan jika hujan dan menyebabkan jalan longsor sehingga akses transportasi terhambat,” katanya.

Terkait dengan minyak goreng untuk kemasan saat ini stoknya sudah kembali normal kendati harganya sudah diserahkan ke mekanisme pasar.

Namun untuk minyak goreng curah yang disubsidi, Dinas Perdagangan tengah melakukan pengendalian harga karena berdasarkan harga eceran tertinggi Rp15 ribu per liter dan masih dijumpai dijual hingga Rp17 ribu per liter.

Untuk itu pihaknya akan memanggil produsen minyak goreng curah di Sumbar memastikan agar harga sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET). Ia menyebutkan konsumsi minyak goreng di Padang per hari mencapai 23,43 ton, satu pekan 164 ton dan satu bulan 656 ton.

Selain itu pihaknya juga akan melaksanakan pasar murah dan memastikan harga yang dijual lebih murah dibandingkan harga pasar. (rdr/ant)

Exit mobile version