Dijual di Pasar Lelang, Berlian Biru Terbesar di Dunia Laku Rp830 M

Berlian biru terbesar di dunia. (AFP)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Berlian biru terbesar di dunia laku US$57,5 juta atau sekitar Rp830,3 miliar (US$1=Rp14.41,35) dalam sebuah lelang di Hong Kong beberapa waktu lalu.

Seperti dikutip dari CNN, berlian biru bernama ‘The De Beers Cullinan Blue’ ini bernilai 15,10 karat. Balai lelang Sotheby’s di Hong Kong menyebut berlian tersebut laku setelah perang penawaran di antara empat pembeli.

The De Beers Cullinan Blue terbilang berlian langka yang ditemukan di tambang Cullinan, Afrika Selatan pada 2021.

Gemological Institute of America (GIA) mengategorikan sebagai “biru cerah yang mewah”, salah satu penilaian warna teratas. Tidak banyak berlian yang memiliki predikat ini. Tidak lebih dari satu persen berlian warna setara dengan ‘The De Beers Cullinan Blue’.

Sotheby’s juga menyebutnya sebagai berlian langka sebab tidak ada berlian yang lebih dari 15 karat dan mereka lelang. Selama ini, hanya lima permata dengan nilai lebih dari 10 karat yang pernah dilelang.

“(Ini) menjadikan penampilan permata sempurna ini sebagai peristiwa penting itu sendiri,” tulis Sotheby’s dalam sebuah pernyataan.

Dengan harga akhir US$57.471.960, berlian biru terbesar di dunia itu memecahkan rekor penjualan berlian biru di Sotheby’s. Rekor masih dipegang ‘Oppenheimer Blue’ yang bernilai 14,62 karat.

Oppenheimer Blue laku dengan harga akhir USD571.541.779 atau hanya selisih USD$70 ribu dengan ‘The De Beers Cullinan Blue’. “Ini benar-benar batu sekali dalam satu generasi, dan berlian biru terbesar dari ukurannya yang pernah saya lihat,” ujar Patti Wong, ketua Sotheby’s Asia. (rdr/cnnindonesia.com)

Exit mobile version