Dugaan Skimming, Bank Nagari Gerak Cepat Siapkan Perlindungan Nasabah

Untuk sementara, kartu magnetic stripe hanya bisa dilakukan di ATM Bank Nagari saja. Kartu yang ada, chip tetap bisa digunakan bertransaksi seperti biasa.

Kantor Bank Nagari Cabang Utama Padang. (Foto: Dok. Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Kantor Bank Nagari Cabang Utama Padang. (Foto: Dok. Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sehubungan adanya laporan nasabah terkait pembobolan ATM, maka untuk mengantisipasi kejadian lainnya Bank Nagari sudah memblokir transfer dan tarik tunai yang dilakukan di bank lain yang menggunakan kartu Magnetic Stripe.

“Untuk sementara, kartu magnetic stripe hanya bisa dilakukan di ATM Bank Nagari saja. Kartu yang ada, chip tetap bisa digunakan bertransaksi seperti biasa. Saat ini kami masih memastikan kebenarannya dan terus melakukan pendataan,” ujar Direktur Utama Bank Nagari, M Irsyad, Kamis (5/5/2022).

Magnetic stripe card atau kartu strip magnetik adalah kartu yang menggunakan pita magnetik sebagai media penyimpanan suatu data, digunakan oleh berbagai bank yang digunakan untuk penarikan uang.

Saat ini penggunaan kartu pita magnetik akan dialihkan menggunakan kartu ATM chip. Seperti yang telah digunakan oleh ATM Bank Nagari. Dirut mengimbau nasabah untuk bertransaksi di mesin ATM Bank Nagari saja.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Jika ada yang terkena dampak akibat kejahatan Skimming Kartu ATM, agar melapor ke Bank Nagari terdekat atau Call Center 150234,” ujarnya.

Diketahui, nasabah Bank Nagari di Sumatra Barat (Sumbar) dikejutkan dengan adanya info pembobolan rekening oleh oknum tidak dikenal. Hal itu biasa disebut sebagai skimming, atau dugaan pencurian data menggunakan alat khusus yaitu skimmer yang berbentuk mulut slot kartu ATM.

Saat kartu ATM sudah masuk, skimmer akan membaca dan merekam setiap data yang terdapat pada kartu ATM Informasi itu beredar dari status seorang warga di media sosial Facebook.

Akun Facebook Mega Harti mengunggah status pada Kamis (5/5) dengan bunyi “Kawan-kawan yang punya rekening Bank Nagari, mohon dicek rekeningnya karena ada pembobolan rekening nasabah. Sekarang lagi di Bank Nagari utama. Ternyata banyak nasabah Bank Nagari yang kena sampai puluhan juta,” tulis Mega.

Beredar informasi, sejumlah uang nasabah yang disimpan di Bank Nagari dilaporkan mengalami kebobolan, pada Rabu (5/5/2022). Bobolnya uang nasabah bank kebanggaan masyarakat Sumbar itu disampaikan oleh Rini melalui status WhatsApp pribadinya.

Pada tulisan tersebut juga disebutkan, bahwa banyak juga nasabah yang komplain ke Bank Nagari. Bahkan nominalnya mencapai puluhan juta Rupiah. “Iya itu status facebook teman saya. Karena rekenig temannya bernama Ega telah kebobolan,” kata Rini kepada media.

Rini yang juga pegawai Pemprov Sumbar Sumbar ini bersyukur bahwa rekeningnya di Bank Nagari aman-aman saja. “Alhamdulillah engga ada kebobolan,” ucap Rini. (rdr)

Exit mobile version