Terkait Penerapan SMAP, BP2JK Riau Studi Banding ke PT Semen Padang

PT Semen Padang siap untuk berbagi pengalaman dengan BP2JK Wilayah Riau. Apalagi, BP2JK salah satu konsumen PT Semen Padang.

Pjs. Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, R Trisandi Hendrawan (tengah) ketika menerima rombongan BP2JK Wilayah Riau, Kamis (19/5/2022).

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Balai Pelaksanaan Pemilihan Jasa Kontruksi (BP2JK) Wilayah Riau Kementerian PUPR mengunjungi PT Semen Padang untuk studi banding tentang penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) berbasis ISO 37001:2016, Kamis (19/5/2022).

Rombongan dari BP2JK yang dipimpin Kepala BP2JK Wilayah Riau, Hamka Lubis itu, disambut Pjs. Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, R Trisandi Hendrawan di Ruang Rapat Lantai I Kantor Pusat PT Semen Padang.

Juga hadir Kepala Unit Sistem Manajemen, Nelvi Irawati, Staf Governance Risk and Complience (GRC), Ghufron Vebrianto, dan sejumlah staf di lingkungan PT Semen Padang.

Trisandi dalam sambutannya mengatakan bahwa PT Semen Padang siap untuk berbagi pengalaman dengan BP2JK Wilayah Riau. Apalagi, BP2JK salah satu konsumen PT Semen Padang. Sebab, Kementerian PUPR banyak memiliki proyek infrastruktur yang dibangun menggunakan semen.

“Kami dari PT Semen Padang siap berbagi pengalaman dengan BP2JK Wilayah Riau terkait penerapan SMAP berbasis ISO 37001:2016. Apalagi, Provinsi Riau merupakan market share terbesar PT Semen Padang di Sumatera,” kata Trisandi.

Trisandi membeberkan proses mendapatkan sertifikasi ISO 37001:2016 SMAP. Kata dia, sertifikasi tersebut diterima 4 Maret 2022 oleh PT Semen Padang dari PT Sucofindo atas komitmen dalam menerapkan SMAP di lingkungan PT Semen Padang. Untuk prosesnya, terdiri empat tahapan.

Rinciannya, tahapan perencanaan dimulai Mei-Juni tahun 2021, tahapan pembangunan dan pengembangan dimulai pada Juni-Agustus 2021, tahapan penerapan dan peningkatan Agustus-September 2021, dan tahapan evaluasi dan sertifikasi pada Oktober 2021-Januari 2022.

“Jadi, sertifikasi ISO 37001:2016 SMAP ini belum lama didapatkan PT Semen Padang. Sertifikasi ini dapat memperkuat penerapan Good Corporate Governance (GCG) yang telah dimulai sejak 2006, terutama dalam hal penerapan tata kelola perusahaan yang baik,” ujarnya. (rdr)

Exit mobile version