Semen Padang Selamatkan Ikan Bilih dari Kepunahan

Konservasi ikan bilih di luar habitatnya tidak mudah dilakukan, banyak kegagalan dan keberhasilannya sangat kecil.

Tebar benih ikan bilih di Danau Singkarak yang digelar Semen Padang dan sejumlah instansi.

Tebar benih ikan bilih di Danau Singkarak yang digelar Semen Padang dan sejumlah instansi.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengapresiasi SIG maupun PT Semen Padang dan UBH yang telah melakukan konservasi ikan bilih Danau Singkarak.

Konservasi ikan bilih di luar habitatnya tidak mudah dilakukan, banyak kegagalan dan keberhasilannya sangat kecil.

“Kami dari Pemprov Sumbar sangat mengapresiasi upaya konservasi yang dilakukan SIG melalui PT Semen Padang yang bekerja sama dengan UBH.”

“Sebab, ikan bilih ini pada tahun 2020, statusnya dinyatakan hampir punah. Harusnya, dengan status yang hampir punah, ikan ini harus lebih mahal dibandingkan ikan salmon di restoran Jepang,” katanya.

Wagub juga mengapresiasi masyarakat Nagari Sumpur. Karena, dari 11 nagari yang ada di salingka Danau Singkarak.

Hanya Nagari Sumpur yang hingga kini masih menjaga keberadaan ekosistem Danau Singkarak melalui peraturan nagari yang telah diterapkan sejak puluhan tahun lalu.

“Nagari Sumpur ini tidak hanya menjaga keberadaan habitat asli Danau Singkarak itu. Nagari Sumpur ini istimewa, dan masuk sebagai 50 Desa Terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.”

“Nagari ini terkenal dengan homestay yang bersih, makanannya juga istimewa. Saya berharap pariwisata daerah ini bisa digenjot lagi,” ujarnya.

Pariwisata Nagari Sumpur ini perlu digenjot, sebut Audy, karena berdasarkan informasi dari masyarakat Sumpur disebutkan bahwa 90 persen masyarakat Sumpur adalah nelayan.

“Kalau pariwisata daerah ini berkembang, tentunya bisa menjadi aktifitas ekonomi bagi masyarakat Nagari Sumpur, selain nelayan,” tuturnya.

Dirut SIG Donny Arsal menyebut bahwa upaya konservasi ikan bilih yang dilakukan PT Semen Padang bersama UBH ini harus dilakukan dengan skala yang lebih besar lagi. Dan SIG, komitmen untuk mendukungnya.

“Kalau bisa program konservasi ini jadi edukasi bagi masyarakat, bagaimana membudidayakan bilih di luar habitatnya,” kata Donny.

Dia menyebut, program konservasi ikan bilih ini cukup efektif dalam menjaga kelestarian ikan bilih yang terancam punah.

Namun begitu, ia berharap konservasi ikan bilih yang dilakukan PT Semen Padang bersama UBH ini juga sejalan dengan pembatasan penggunaan bagan dan lain sebagainya.

“Ini mesti dilakukan sekaligus, jadi antara pembibitan berjalan agresif, masif, dan upaya mencegah kepunahan bisa dilakukan secara paralel. Kami dari SIG dan Semen Padang, akan terus mensupport kelestarian ikan ini.”

“Dan kami pun juga berterima kasih kepada Nagari Sumpur yang welcome terhadap kita, termasuk UBH yang telah membantu kita,” ujarnya. (rdr)

Exit mobile version