Wujudkan Ketahanan Pangan, Wamentan Minta Sektor Pertanian di Sumbar Terus Ditingkatkan

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Arfiq Hasnul Qolbi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumbar menyerap aspirasi petani. (Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia Arfiq Hasnul Qolbi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumbar selama dua hari Selasa (29/11/2022) sampai Rabu (30/11/2022). Selama dua hari di Sumbar, Arfiq Hasnul Qolbi menyerap aspirasi dari para petani. Wamentan juga menyerahkan bantuan alat alat Pertanian.

Wamentan pertama kali melakukan kunjungan ke Penanaman Sorgum Lanud Sutan Sjahrir dalam rangka Penandatanganan MOU antara TNI Angkatan Udara dengan Kementerian Pertanian yang dihadiri Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Setelah menanam sdorgum di Lanud Sutan Sjahrir, Arfiq Hasnul Qolbi melanjutkan kunjungan kerjanya di Kota Pariaman dengan agenda ketetapan harga komoditas pertanian, menyerahkan bantuan alat teknologi pertanian untuk memancing petani milenial, dan memberikan bantuan bibit kelapa kopyor, dan rekomendasi pembelian BBM bersubsidi. Wamentan kemudian melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sijunjung, di sana ia menyerahkan bantuan alat pertanian.

Wamentan mengatakan tujuan menanam sorgum untuk mewujudkan ketahanan pangan di dalam negeri. Dengan ketahanan pangan, Indonesia mampu kuat secara ekonomi di tengah kondisi ekonomi dunia yang lesu akibat dampak perang.

Ia menambahkan, berbagai program telah dilakukan untuk memajukan sektor pertanian dan akan lebih ditingkatkan pada tahun 2023. “Nantinya program untuk pertanian akan terus kami tingkatkan, seperti swasembada beras dan untuk produk pertanian lain juga ditingkatkan,” terangnya.

Ia berharap sektor pertanian di Sumbar terus ditingkatkan tidak hanya on farm tapi juga off farm. “Off farm ini maksudnya barang jadi, produk ini nantinya harus terus ditingkatkan dalam sektor pertanian,” tutupnya. (rdr-007)

Exit mobile version