Tambah PAD, PDAM Agam Kembangkan Usaha Air Minum Kemasan

Direktur PDAM Tirta Antokan Agam Hendri Chaidir. Dok Antara/Yusrizal

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengembangkan unit usaha air minum dalam kemasan mengingat sumber air cukup banyak dalam menambah pendapatan asli daerah.

Direktur PDAM Tirta Antokan Agam, Hendri Chaidir di Lubukbasung, Jumat, pembangunan unit usaha itu bakal dilakukan pada tahun depan dengan memanfaatkan sumber air di Sungai Ariki Kecamatan Tanjungraya. “Berdasarkan kajian akademisi sumber air itu layak untuk dikembangkan menjadi unit usaha,” katanya.

Ia mengatakan, pengembangan unit usaha itu berdasarkan arahan dari bupati mengingat sumber air cukup banyak di Agam.

Berdasarkan arahan itu, dilakukan kajian akademisi dan berdasarkan kajian lokasi itu layak dikembangkan untuk usaha. “Kita perlu menyiapkan kajian dan setelah itu baru tahap berikutnya berupa pembangunan fisik, mesin dan lainnya,” katanya.

Ia menambahkan, investasi unit usaha itu berasal dari Pemkab Agam dan PDAM Tirta Antokan Agam hanya menyiapkan kajian. Pada tahap awal, Pemkab Agam telah menganggarkan dana pada 2023 dan pengerjaan fisik dilakukan Dinas Pekerja Umum Agam.

Untuk pemasaran produk, tambahnya, bakal dilakukan di Badam Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bakal didirikan Pemkab Agam, Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) dan lainnya. “Bupati Agam menginginkan unit usaha bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah dalam menambah pendapatan asli daerah. Untuk itu, masyarakat harus mendukung pembangunan ini,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pekerja Umum Agam, Ofrizon mengatakan pada tahun depan dialokasikan dana Rp3 miliar untuk pembangunan fisik. Proses tender bakal dilakukan pada awal tahun, sehingga pekerjaan bisa dilakukan secepat mungkin. “Setelah bangunan selesai, tinggal pengadaan mesin dan peralatan lain,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version