PT Semen Padang Bisa Jadi Role Model Kegiatan Donor Darah

Organisasi perhimpunan nasional yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan ini berharap agar perusahaan lain di Kota Padang ini bisa menjadikan PT Semen Padang sebagai role model dalam kegiatan donor darah.

Donor darah di GSG Semen Padang, Selasa (27/12/2022).

Donor darah di GSG Semen Padang, Selasa (27/12/2022).

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang mengapresiasi PT Semen Padang yang selalu konsisten menggelar donor darah sekali dalam 2 bulan.

Bahkan, organisasi perhimpunan nasional yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan ini berharap agar perusahaan lain di Kota Padang ini bisa menjadikan PT Semen Padang sebagai role model dalam kegiatan ini.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Teknis Labor Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Padang, dr. Diana Ayu Irsanti di sela-sela donor darah dengan tema “Give Blood Give Life” yang digelar PT Semen Padang melalui Unit Corporate Social Responsibility (CSR) di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, Selasa (27/12/2022).

Diana menyampaikan PT Semen Padang disebut sebagai role model, karena sejauh ini di Kota Padang baru PT Semen Padang yang selalu konsisten 1 kali dalam 2 bulan menggelar secara rutin.

“Sedangkan perusahaan lain, biasanya menggelar donor darah hanya dalam rangka HUT perusahaan dan lain sebagainya,” ujar Diana.

Terkait kegiatan yang digelar rutin oleh PT Semen Padang, lebih lanjut Diana menyampaikan bahwa itu sangat membantu kebutuhan stok darah di UTD PMI Kota Padang di tengah rendahnya suplai darah dari pendonor, ditambah lagi pemintaan darah oleh pasien setiap hari itu angkanya fluktuatif.

Namun, Diana tidak menyebutkan jumlah stok darah yang ada di UTD PMI Kota Padang saat ini. “Yang jelas, stok darah sangat rendah, tidak aman. Kalau stok aman itu, angkanya minimal 1000 kantong darah.”

“Untuk mengantisipasi stok darah, bisanya kami meminta donor darah pengganti kepada keluarga pasien yang membutuhkan darah,” katanya.

Camat Lubuk Kilangan, Elfian Putra Ifadi yang turut hadir mendonorkan darahnya, juga mengapresiasi PT Semen Padang yang terus menggelar secara rutin.

“Ini luar biasa sekali. Baru PT Semen Padang yang rutin menggelar donor darah sekali dalam 2 bulan. Artinya, setahun itu ada 6 kali. Saya berharap, ini terus dipertahankan,” katanya.

Donor darah, kata Elfian melanjutkan, adalah aksi sosial yang nyata. Sebagai sesama manusia, tentunya donor darah ini sebuah bantuan yang sangat baik sekali untuk orang yang membutuhkan transfusi darah.

Apalagi, stok darah yang ada di PMI Kota Padang kondisinya selalu paceklik atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Untuk itu, Elfian mengimbau kepada semua orang, khususnya warga Lubuk Kilangan, untuk ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya ke UTD PMI Kota Padang.

Ataupun ke tempat-tempat kegiatan donor darah yang digelar PMI Kota Padang, termasuk di kegiatan donor darah yang digelar PT Semen Padang.

“Saya mengibaratkan kalau pendonor itu tidak ada bank-nya. Makanya, tidak bisa dinilai dengan uang. Maka dari itu, kita lah para pendonor ini yang menjadi bank darah.”

“Jadi, saya berharap banyak masyarakat Lubuk Kilangan berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya,” kata Elfian yang sudah 44 kali ikut. (rdr)

Exit mobile version