Donor Darah Jadi Program 6 Kali Setahun di PT Semen Padang

Target kami dalam setahun itu 1600 kantong darah bisa kami kumpulkan melalui kegiatan donor darah yang digelar 6 kali setahun.

Donor darah di GSG Semen Padang, Selasa (27/12/2022).

Donor darah di GSG Semen Padang, Selasa (27/12/2022).

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z. Lubis yang diwakili Kepala Seksi Program Pendanaan UMK Unit CSR PT Semen Padang, Satrio Rian Bhakti mengatakan, donor darah merupakan kegiatan rutin PT Semen Padang yang digelar melalui Unit CSR, Unit Humas & Kesekretariatan dan juga Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP).

“Target kami dalam setahun itu 1600 kantong darah bisa kami kumpulkan melalui kegiatan donor darah yang digelar 6 kali setahun.”

“Ini komitmen kami. Nah, untuk hari ini, itu digelar Unit CSR. Dan, dilatar belakangi oleh ketersediaan stok darah di PMI Kota Padang yang jauh dari kata cukup,” katanya.

Bagi Unit CSR PT Semen Padang, sebut Satrio, kegiatan ini juga bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berorientasi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) berpedoman kepada ISO 26000 sebagai panduan pelaksanaan program.

“Program TJSL ini terdiri dari 4 pilar. Untuk sekarang ini, itu masuk ke pilar sosial. Alhamdulillah, kegiatan donor darah ini selalu mendapat dukungan dari para karyawan Semen Padang Group dan keluarga, serta masyarakat lingkungan perusahaan.”

“Dan, setiap kegiatan donor darah yang kami lakukan, minimal itu bisa terkumpul sekitar 250 kantong darah,” ujarnya.

Donor darah yang digelar Unit CSR PT Semen Padang itu dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB, dan diikuti oleh insan karyawan Semen Padang Group, keluarga karyawan dan masyarakat sekitar perusahaan PT Semen Padang.

Kali ini, sebanyak 288 kantong darah berhasil dikumpulkan dan diserahkan ke UTD PMI Kota Padang. Salah seorang pendonor bernama Zulkifli menyebut bahwa dirinya sudah 18 kali ikut donor darah yang digelar PT Semen Padang.

Selain sangat dibutuhkan oleh pasien yang membutuhkan transfusi darah, bagi dirinya pribadi mendonor darah secara rutin itu juga untuk kesehatan.

“Donor darah secara rutin itu membuat jantung kita senantiasa sehat dan bisa menurunkan resiko terjadinya kanker,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan pendonor lainnya bernama Nureka Setiawati. Kata dia, manfaat bagi pendonor yang teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru.

Dan tentunya proses mendonorkan darah ini akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien. “Donor secara rutin juga membantu kita untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh,” katanya. (rdr)

Exit mobile version