Atasi Kelangkaan, Pertamina Tambah Kuota BBM Subsidi di Agam

Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agam, Dedi Asmar. Dok Antara/Yusrizal

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat ditambah oleh pihak PT Pertamina dalam mengantisipasi kelangkaan minyak menjelang akhir tahun.

Manajer Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) PT Gunung Sago Prima, Megi Parli di Lubukbasung, Selasa, mengatakan sudah ada penambahan kuota BBM subsidi jenis pertalite dan biosolar ke SPBU itu. “Penambahan kuota BBM subsidi itu terjadi beberapa hari lalu,” katanya.

Ia mengatakan, biasanya kuota yang diberikan hanya 8-16 kilo liter dan sekarang ditambah menjadi 16-24 kilo liter per hari. Namun ketersediaan BBM subsidi di SPBU itu tergantung pengiriman dari pihak PT Pertamina. “Untuk Selasa (27/12/2022), BBM subsidi datang pada pukul 23.00 WIB atau Rabu (28/12/2022) pukul 01.00 WIB,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agam, Dedi Asmar menambahkan pihak PT Pertamina menjamin ketersediaan BBM subsidi selama Natal dan Tahun Baru. “Ini berdasarkan rapat yang kita lakukan beberapa hari lalu dalam menyikapi ketersediaan BBM menjelang Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Sebelumnya, BBM subsidi terjadi kelangkaan di Agam, mengakibatkan kemacetan di 10 SPBU tersebar di daerah itu.

Ini berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan Dinas Koperasi, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agam ke SPBU tersebut. “Kondisi itu terjadi hampir di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar akibat pasokan dikurangi PT Pertamina,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version