Enam Kali Gelar Donor Darah dalam Setahun, PMI Apresiasi Semen Padang

Target kita dalam setahun melaksanakan kegiatan donor darah adalah enam kali. Untuk donor darah hari ini telah yang ketiga kalinya dalam tahun 2023 ini.

Donor darah yang digelar Semen Padang. (dok. istimewa)

Donor darah yang digelar Semen Padang. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati mengatakan, donor darah kali ini diikuti oleh insan Semen Padang Group, keluarga karyawan, pensiunan dan masyarakat sekitar perusahaan.

“Target kita dalam setahun melaksanakan kegiatan donor darah adalah enam kali. Untuk donor darah hari ini telah yang ketiga kalinya dalam tahun 2023 ini.”

“Sebelumnya kita juga sudah melaksanakan sebanyak dua kali, yakni bulan Januari, bertepatan dengan Bulan K3 Nasional PT Semen Padang dan juga pada Maret, bertepatan dengan HUT 113 PT Semen Padang,” katanya.

Anita menyampaikan, pada donor darah hari ini, sebanyak 284 kantong darah berhasil dikumpulkan dari 300 lebih peserta yang mendaftar dan selanjutnya darah tersebut diserahkan ke UTD PMI Kota Padang dan kegiatan ini dilatarbelakangi ketersediaan stok darah di PMI Kota Padang yang sering kurang.

“Kita sering mendengar dan mendapatkan informasi permintaan-permintaan darah dari keluarga pasien karena PMI tidak dapat memenuhi kebutuhan darah karena kehabisan stok.”

“Kegiatan donor sekarang ini sebanyak 284 kantong berhasil kita kumpulkan, semoga dengan kegiatan yang rutin kita gelar ini, defisit stok darah dapat teratasi” tambah anita.

Kepala Bagian Teknis Labor UTD PMI Kota Padang, dr. Diana Ayu Irsanti pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada PT Semen Padang yang konsisten menggelar secara rutin, sekali dalam dua bulan dan ini sangat membantu kebutuhan stok darah di UTD PMI Kota Padang.

“Donor darah adalah aksi sosial yang nyata. Sebagai sesama manusia, tentunya donor darah ini kegiatan sosial yang dibutuhkan sekali untuk orang yang membutuhkan transfusi darah.”

“Apalagi, stok darah yang ada di PMI Kota Padang kondisinya selalu paceklik atau tidak sesuai dengan kebutuhan,” ungkapnya.

Salah seorang pendonor, Pensiunan PT Semen Padang, Masykur Rauf, mengaku rutin mendonorkan darah pada kegiatan yang digelar PT Semen Padang selama ini.

Selain bisa membantu sesama, terutama bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah, bagi dirinya pribadi mendonorkan darah secara rutin itu juga bermanfaat untuk kesehatan, membuat badan lebih segar dan merasa lebih baik.

“Secara rutin itu membuat kita lebih merasa sehat, jantung senantiasa sehat dan bisa menurunkan risiko kanker dan stroke, selain itu darah kita ini tentunya begitu bermanfaat bagi sesama kita yang membutuhkan.”

“Mudah-mudahan, darah yang kita sumbangkan ini dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan darah untuk melawan penyakitnya” katanya. (rdr)

Exit mobile version