Puluhan Perempuan Dilatih Tekuni Usaha Kuliner lewat Dana Pokir DPRD Sumbar

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Suwirpen Suib berfoto bersama para peserta pelatihan pengelolaan kuliner di Kota Padang, Rabu, (12/7). ANTARA/HO-Humas DPRD Sumbar.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Suwirpen Suib mengatakan lembaga tersebut bersama pemerintah provinsi setempat melatih kaum perempuan menekuni usaha kuliner untuk membantu menunjang perekonomian keluarga.

“Peningkatan potensi kaum perempuan ini diwujudkan dalam bentuk bimbingan teknis pengelolaan kuliner,” kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar Suwirpen Suib di Padang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan pengelolaan kuliner bagi kaum perempuan tersebut terselenggara atas realisasi dana pokok pikiran (pokir) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumbar.

“Kita berharap peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga meningkatkan potensi dirinya dan produktif dalam menunjang perekonomian keluarga,” harap dia.

Tidak hanya sebagai penunjang ekonomi keluarga, pelatihan kuliner tersebut juga diharapkan menjadi jalan bagi masyarakat khususnya kaum perempuan untuk membuka usaha di bidang kuliner. Apalagi, usaha kuliner memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan.

Ia bercerita pernah bertemu dengan seorang pengusaha kuliner di Jakarta. Pengusaha tersebut terbilang sukses setelah melalui masa-masa sulit saat pandemi COVID-19 menerpa. Saat itu ia menunjukkan konsistensinya meskipun dalam situasi COVID-19.

“Kita berharap hal itu menjadi contoh bagi kaum perempuan di Sumbar dan tekun menggeluti usaha masing-masing. Jika ada masalah, jangan menyerah tetaplah berusaha,” ujar dia memotivasi.

Secara umum bimbingan teknis pengelolaan kuliner yang diselenggarakan 12-15 Juli 2023 tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreativitas pelaku industri kecil menengah dalam mengolah makanan, dan minuman yang bermutu.

Bimbingan teknis pengelolaan kuliner tersebut diikuti oleh 52 peserta yang terdiri dari pelaku industri kecil menengah, dan wirausaha baru yang fokus terhadap pengembangan usaha kuliner di kota Padang. (rdr/ant)

Exit mobile version