Agar Usahanya Berkembang, Ratusan UMKM di Padang Dapat Pendampingan Bisnis

Ratusan UMKM di Padang mengikuti pelatihan bisnis yang diadakan Prestasi Junior Indonesia. (Foto: Dok. Diskominfo Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Ciptakan pemuda yang berjiwa entrepreneurship, Prestasi Junior Indonesia menggelar pelatihan dan pendampingan bisnis yang diikuti oleh pelaku UMKM se-Kota Padang, Kamis (13/7/2023). Kegiatan itu digelar di salah satu hotel berbintang di Padang.

Saat diwawancarai, Senior Program Manager Prestasi Junior Indonesia, Vitis Rakhma Noviagama menyebutkan tujuan dari kegiatan ini agar dapat mendampingi pelaku UMKM sehingga mampu mengembangkan usahanya.

“Kami ingin mendampingi pelaku UMKM yang masih pemula dengan syarat sudah mendirikan usaha minimal enam bulan dan berdomisili di Kota Padang,” jelas Vitis.

Vitis juga turut mengapresiasi pelaku UMKM Kota Padang yang antusias mendaftarkan diri pada kegiatan pelatihan ini.

“Pelaku UMKM yang mendaftar sampai 300 lebih, sehingga kami perlu menyeleksinya, yang akan dipelajari nantinya bukan hanya dari strategi marketing tapi juga dari sisi manajemen,” lanjutnya.

Dijelaskan Vitis kegiatan ini akan berlanjut hingga Februari 2024 mendatang dengan menyeleksi kembali pelaku UMKM yang benar-benar serius mengikuti program ini.

“Nanti akan diseleksi lagi menjadi 75 orang, mereka akan dibimbing berkelanjutan seperti coaching, mentoring dan konsultasi bagi pelaku UMKM,” ucapnya.

Vitis berharap setelah program ini selesai pelaku UMKM dapat meningkatkan pendapatan penjualan dan membuka pekerjaan baru bagi masyarakat.

“Sehingga dengan pelatihan ini menciptakan komunitas yang dapat memajukan UMKM di Kota Padang,” harapnya.

Salah seorang peserta, Rahmi menyebutkan dirinya tertarik mengikuti kegiatan ini untuk menambah ilmu dan mengembangkan usahanya.

“Karena ilmu berbisnis ini sangat penting bagi kita yang mempunyai usaha selain itu agar pendapatan lebih meningkat,” terang Rahmi.

Begitu juga dengan Astari yang mempunyai bisnis korean street food menyebutkan pelatihan ini nantinya akan memberi motivasi bagi pemula yang menjalankan bisnisnya.

“Sudah satu tahun menjalankan bisnis kuliner tentunya berharap dengan pelatihan ini banyak hal yang bisa dipelajari seperti strategi marketing dan perencanaan dalam berbisnis,” kata Astari

Pelatihan tersebut secara resmi akan dibuka pada Jumat (14/7/2023), dan diikuti oleh 124 pelaku UMKM se-kota Padang yang berlangsung selama empat hari mendatang. (rdr)

Exit mobile version