BI Sumbar-Lantamal II Padang Gelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat, Kunjungi 5 Pulau Terluar

BI bersama Lantamal II Padang menggelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023. (Foto: Dok. Diskominfo Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Barat, bekerjasama dengan Lantamal II Padang, menggelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023, dan kegiatan kas keliling ke pulau terdepan, terluar dan terpencil (3 T), di wilayah Provinsi Sumatera Barat, Senin (24/07/2023).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat Endang Kurnia Saputra mengatakan, kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 24-29 Juli 2023, akan mengunjungi lima pulau terluar di Sumbar yakni Pulau Pagai Selatan, Pulau Pagai Utara, Sipora, Siberut (Maileppet) dan Pulau Siberut (Muara Sikabaluan).

“Pada ekspedisi kali ini tim akan membawa uang Rupiah dalam kondisi baru sebanyak Rp3,8 miliar, dengan menggunakan KRI Kurau,” kata Endang.

Uang tersebut nantinya akan menggantikan uang-uang rusak, ataupun uang yang kondisinya tidak layak pakai, yang masih beredar di tengah masyarakat.

Endang juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Lantamal II Padang, yang telah mendukung secara penuh kegiatan Ekspedisi Rupiah Berdaulat dan Kas Keliling ini.

Selain melakukan kas keliling, nantinya tim juga akan melihat kondisi masyarakat setempat, serta memberikan program sosial BI sebesar Rp375 juta untuk membantu masyarakat di lima pulau tersebut.

Sementara Wadan Lantamal II Padang Kolonel Marinir Arinto Beny Sarana, mengatakan, untuk kegiatan ekspedisi kali ini, pihaknya menerjunkan sekitar 50 orang personel TNI AL untuk mengawal kegiatan.

“50 orang personel dari TNI AL kita turunkan untuk mengawal kegiatan mulai dari keberangkatan, pendistribusian di seluruh pulau, hingga kepulangan nanti,” katanya. (rdr)

Exit mobile version