Kolaborasi Bersama untuk Pemberdayaan Kaliandra Merah Itu Perlu

Sosialisasi kaliandra merah itu menghadirkan pemateri dari Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, yaitu Kepala UPT Perbaikan dan Pemeliharaan Auzia Asman dengan materi yang disampaikan tentang cara pembibitan, penanaman, dan pemeliharaan kaliandra merah.

Semen Padang sosialisasikan kaliandra merah kepada Babinsa. (dok. Semen Padang)

Semen Padang sosialisasikan kaliandra merah kepada Babinsa. (dok. Semen Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Wujud dari kolaborasi PT Semen Padang dengan Korem 032/Wirabraja dan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh mendapat dukungan dari Babinsa dan HIPAKAD untuk dapat mensosialisasikan kaliandra merah ini kepada masyarakat di wilayah binaannya.

“Karena, kaliandra ini adalah pohon masa depan energi Indonesia,” kata Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis.

Sosialisasi kaliandra merah itu menghadirkan pemateri dari Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, yaitu Kepala UPT Perbaikan dan Pemeliharaan Auzia Asman dengan materi yang disampaikan tentang cara pembibitan, penanaman, dan pemeliharaan kaliandra merah.

Dari PT Semen Padang, hadir sebagai pemateri Satrio Rian Bhakti dengan tema “Semen Padang Thermal Substitution Rate Program”. Pada sosialisasi tersebut, Satrio menyampaikan tentang Pemanfaatan Kaliandra Sebagai Bahan Bakar Alternatif & Pemberdayaan Masyarakat.

Kemudian Kepala Unit Penunjang Produksi Hendrio Harmel, menyampaikan materi tentang pengembangan kaliandra sebagai alternatif AFR. Pada sosialisasi tersebut, para Babinsa dan HIPAKAD juga mengunjungi tempat nursery kaliandra merah yang berada di kompleks D1 PT Semen Padang.

Juga melihat tempat penangkaran Rusa Totol, dan juga tempat konservasi ikan bilih yang merupakan ikan endemik di Danau Singkarak yang lokasi konservasinya juga berada di Kompleks D1 PT Semen Padang.

Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Rayen Obersyl saat silahturahmi dengan manajemen PT Semen Padang di Wisma Indarung pada Senin (7/8/2023) malam, meminta agar Babinsa yang menjadi ujung tombak di lapangan untuk dapat menggeliatkan program penanaman kaliandra merah ini di wilayah binaannya.

“Kaliandra ini sumber energi baru terbarukan dan bagus dibandingkan batubara. Kaliandra ini memiliki kalori yang sangat tinggi. Penanamnya juga muduh, hanya butuh modal tenaga dan kemauan.”

“Ini cukup memabanggakan buat kita, semoga program penanaman kaliandra merah ini berkembang di Sumbar ini,” katanya.

Untuk itu, lulusan Akmil 1992 itu meminta para Babinsa yang juga hadir pada acara silahturahmi dengan manajemen PT semen Padang, untuk mendorong masyarakat di wilayah binaannya agar dapat memanfaatkan lahan tidurnya untuk ditanami kaliandra merah.

“Dari pada lahannya nganggur dan ditumbuhi semak, sebaiknya ditanami kaliandra. kaliandra ini bernilai ekonomis bagi masyarakat,” katanya.

Kepada manajemen PT Semen Padang, jenderal bintang satu itu juga menyampaikan bahwa Korem 032/Wirabraja memiliki ribuan pasukan yang tentunya siap berkolaborasi dengan PT Semen Padang.

“Jadi, apapun program di Semen Padang yang bisa dikolaborasikan dengan Korem 032/Wirabraja, kami siap untuk berkolaborasi,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang Babinsa dari Kodim 0310/Sawahlunto Sijunjung bernama Serda Afri Ramadhan mengaku mendapatkan banyak pengetahuan dan pemahaman tentang manfaat kaliandra merah ini.

Tentunya, apa yang didapat dari sosialisasi ini akan disampaikan kepada masyarakat di daerah binaannya di Nagari Muaro Bodi, Sijunjung. “Manfaat kaliandra ini luar bisa.”

“Saya akan dorong masyarakat di wilayah binaan saya untuk menanam kaliandra. Terutama, di lahan marginal atau lahan-lahan tidur yang ada di daerah binaan saya.”

“Terima kasih Semen Padang yang telah memberikan sosialisasi manfaat kaliandra merah ini kepada kami,” katanya. (rdr)

Exit mobile version