Menparekraf: Emak-emak Kuasai Pasar UMKM di Sumbar

60 persen UMKM di Sumbar dipimpin oleh perempuan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Dok. Istimewa)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – 60 persen pasar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatera Barat (Sumbar) dikuasai oleh kaum perempuan atau emak-emak.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno pada kegiatan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 yang dilaksanakan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

“60 persen UMKM di Sumbar dipimpin oleh perempuan,” katanya, Jumat (8/9/2023).

Ia mengatakan, Sumbar sudah mendapat gelar terbaik dalam dunia wisata, seperti World’s Best Halal Tour Operator, World’s Best Halal Destination dan World’s Best Halal Culinary Destination.

“Makanan (asal Sumbar) enak sekali,” katanya.

Dengan visi semangat kedaulatan ketahanan dan gotong royong yang disampaikan oleh Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin maka terdapat empat topik, yakni, bisnis, kepemudaan, kepariwisataan dan emak-emak.

“Untuk membuka peluang yang ada di Indonesia maka perlu dihubungkan dengan pengusaha, saudagar dan pedagang dari dari 24 negara,” katanya.

Selain itu, kata Sandi, WIES 2023 merupakan kegiatan summit pertama secara global dengan hak intelektual dimiliki oleh Sumbar.

“Kami berharap halal ekosistem disokong oleh Sumbar,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, WIES 2023 merupakan momentum Sumbar untuk menjadi salah satu destinasi wisata halal dunia.

Melalui agenda WIES, diharapkan terjalinnya kerja sama antara Indonesia khususnya Sumbar dengan belasan negara atau delegasi yang hadir, utamanya dalam pengembangan pariwisata maupun industri halal.

“Untuk mewujudkan Sumbar sebagai salah satu destinasi wisata maupun industri halal dunia, perlu komitmen jangka panjang dari peserta WIES sangat dibutuhkan,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version