Harga Cabai Merah di Padang Melambung, Penyebabnya Diduga Gara-gara Ini

Cabai merah. (ANTARA/Anggi Luthfi Panggabean)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Di Kota Padang harga cabai merah asal Alahan Panjang kembali naik dalam dua hari ini. Biasa dalam 1 Kg cabai merah keriting tersebut harganya hanya Rp44 ribu, kini naik menjadi Rp68 ribu per kilogram.

“Dalam dua hari ini naik harga cabai merah Alahan Panjang senilai Rp24 ribu.Saat ini harga kebutuhan dapur rumah tangga serba naik dan mahal. Apa sebabnya saya juga kurang tau,” ucap Jun, pedagang cabai di simpang ojek, Rawang Panjang, Tunggul Hitam, Minggu (18/2/2024).

Kini ibu-ibu pelanggan yang berbelanja yang biasa membeli 1 Kg cabai, sekarang berkurang menjadi setengah Kg, begitupun dengan barang yang lainnya.

“Belanja separo dari biasanya supaya lengkap yang dibelinya,” ungkap Jun.

Itulah kondisi harga bahan pokok dalam dua hari ini. Kedepan rasanya harga cabai merah keriting tersebut bisa naik lagi. Sebab harga cabai tergantung kondisi BBM. “BBM dalam dua hari ini rada susah, sehingga cabe merah kriting ini lambat sampai pada pedagang di Kota Padang. Maka harga cabai merah jadi naik,” katanya.

“Ndak ada hubungannya naik harga cabai merah ini dengan pesta demokrasi bangsa 2024 ini yang banyak jadi buah bibir masyarakat. Biasanya harga cabai merah berhubungan dengan masalah kelangkaan BBM, sehingga armada pengangkut cabai dari daerah lambat dan terkendala antrean pada pom bensin,” sebutnya. (rdr/mc)

Exit mobile version