Hidup 326 Juta Tahun Lalu, Ternyata Ada Kaki Seribu Raksasa

ilustrasi kaki seribu

SAINS, RADARSUMBAR.COM – Para ilmuwan telah menemukan fosil kaki seribu segede mobil di Northumberland, sebuah daerah pesisir timur laut Inggris. Kaki seribu tersebut diperkirakan memiliki panjang 2,5 meter dan bobot sekitar 50 kg.

Fosil binatang itu pertama kali ditemukan pada 2018 lalu, ketika sebuah batu paras jatuh ke pantai di Howick Bay, Northumberland. Para ilmuwan mengaku penemuan itu terjadi secara tidak sengaja.

“Penemuan itu benar-benar karena kebetulan,” kata Neil Davies, pakar geologi dari Universitas Cambridge yang meneliti fosil tersebut seperti dilansir dari BBC.

Davies mengatakan fosil itu pertama kali ditemukan oleh seorang mantan muridnya saat sedang berjalan di tepi pantai. Fosil itu terlihat dalam batu paras yang telah pecah. Berdasarkan analisis, kaki seribu tersebut diperkirakan hidup sekitar 326 juta tahun silam. Ketika itu, kawasan timur laut Inggris masih beriklim tropis.

“Penemuan fosil seperti ini sangat jarang terjadi, karena ketika mati bangkai kaki seribu biasanya cepat hancur,” beber Davies.

Fosil itu bisa bertahan, imbuh dia, karena dilindungi oleh cangkang yang sangat keras. Selain itu, kepala dari fosil kaki seribu ini juga belum ditemukan.

Studi atas fosil ini diterbitkan dalam Journal of the Geological Society baru-baru ini. Sementara fosil berusia jutaan tahun ini akan dipamerkan di Museum Sedgwick, Chambridge pada 2022 mendatang. (rdr)

sumber: Suara.com

Exit mobile version