Sambut Awal Tahun Pulau Sirandah Gelar Even “Sirandah Breakthrough”, Diawali Kegiatan Vaksinasi Gratis

Foto bersama usai jumpa pers even bertema "Sirandah Breakthrough" yang juga dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi. (Antara/Fandi Yogari)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Objek wisata Pulau Sirandah, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyelenggarakan sejumlah even menjelang tutup tahun 2021 dan menyambut awal tahun 2022 untuk dinikmati pengunjung wisata pulau tersebut.

Perencana even Ayu Wulandari di Padang, Selasa (28/12/2021) mengatakan kegiatan akan mengusung tema “Sirandah Breakthrough” dimana kegiatan ini sebagai terobosan untuk menggeliatkan kembali pariwisata di era pandemi COVID-19 yang sempat mati suri.

“Kami ingin kegiatan ini menjadi terobosan bagi kawan-kawan penggiat pariwisata, kita harus bangkit,” katanya saat jumpa pers yang juga dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi.

Ia menjelaskan kegiatan akan diawali dengan vaksinasi gratis selama tiga hari 29 hingga 31 Desember 2021 di Sungai Pisang. Dimana selama kegiatan berlangsung, pihaknya melibatkan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Sumbar, dalam penerapan protokol kesehatan dan pencegahan terjadinya kerumunan, baik selama vaksinasi sampai di pulau.

Selama kegiatan berlangsung, pihaknya melibatkan Satgas COVID-19 Sumbar, dalam penerapan protokol kesehatan. Selain itu kami ingin terlibat langsung dalam menyukseskan program vaksinasi dari pemerintah. Karena itu pihaknya akan mewajibkan peserta untuk vaksin, ini satu-satunya vaksinasi di pulau wisata. “Kami berharap destinasi lain juga bisa melakukannya,” katanya.

Rangkaian acara di Pulau Sirandah telah disiapkan, mulai dari aksi bersih pantai hingga atraksi olahraga air seperti jetski, snorkling, diving, penanaman mangrove, pelepasan penyu, talkshow dari Yayasan Garis Fundation, music live performance, pergelaran musik dan acara puncak lepas lampion.

Menurut dia, wisata pulau perlu dihidupkan lagi setelah beberapa tahun lesu karena terdampak pandemi COVID-19. Apalagi Sumbar punya keindahan laut yang luar biasa dan bisa mengangkat ekonomi masyarakat. “Kita harus bangkit dengan promosi dan menggelar kegiatan, sehingga pengunjung datang. Kami dari EO siap memfasilitasi para pengunjung yang ingin berwisata ke Pulau Sirandah dan destinasi lainnya di Sumbar,” tuturnya.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menyambut baik kegiatan tersebut, menurutnya kegiatan tersebut sangat positif karena ada nilai edukasi dan pariwisata. Lebih dari itu kegiatan ini juga ikut membantu Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam pencapaian target vaksin.

“Hingga kini capaian target vaksin Sumbar masih 65,4 persen, ada beberapa persen lagi untuk mencapai 70 persen. Beberapa hari ke depan kita harus memvaksin sedikitnya 44 ribu orang setiap harinya Saya sangat berterima kasih kawan-kawan sudah ikut berjuang untuk mencapai target,” kata dia.

Audy menyatakan, untuk mendukung kegiatan tersebut, Pemprov Sumbar akan menyediakan vaksin lengkap dengan vaksinator dan Satgas COVID-19 selama acara berlangsung. Selain itu kegiatan tersebut sangat positif bagi pariwasata. “Kami ingin pariwisata bangkit, apalagi kita banyak destinasi yang harus dipromosikan. Kegiatan ini seide dengan saya, saya juga punya rencana untuk pengembangan wisata pulau ini. Silakan dipromosikan,” katanya.

Menurutnya, selama ini wisata laut kebanyakan orang hanya tahu Bali dan Lombok, sementara destinasi di Sumbar tidak kalah bagus dari kedua daerah tersebut. Namun perlu memaksimalkan promosi agar masyarakat tahu. “Nanti EO coba buat even skopnya lebih besar lagi kami dari pemerintah siap bantu. Ini kan bagus, kami memang lagi promosi besar-besaran untuk pariwisata,” katanya. (ant)

Exit mobile version