Bikin Laper! Ini Rekomendasi Makanan Khas di Padang

Es Durian Padang.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sumatera Barat memiliki tempat wisata dan makanan khas yang beragam. Anda bisa menikmati tempat-tempat wisata populer seperti wisata Bukittinggi, Batusangkar, Padang Kota Lama, dan masih banyak lagi. Selain berkunjung ke tempat wisata, Anda bisa menikmati makanan khas Sumatera Barat.

Salah satu makanan populer di Sumatera Barat adalah rendang. Makanan ini dimasak lama menggunakan rempah dan santan. Proses memasak yang lama membuat bumbu dan rempah meresap ke dalam rendang. Ada juga makanan khas di daerah Minang yang dimasak dengan bumbu pedas dan berkhasiat untuk antibiotik dan penawar panas dalam.

Selain makanan pedas, ada juga minuman dan kudapan manis yang bisa disantap. Mengutip dari e-book “Kuliner Sumatera Barat” yang diterbitkan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, berikut daftar kuliner khas daerah Minang Kabau:

Randang Padang
Randang Padang dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia, menurut survey CNN Travel tahun 2017. Masakan ini dibuat dari daging sapi yang menyatu dengan bumbu rempah, cabai, dan santan. Penggunaan santan pada daging ini karena tanaman kelapa banyak ditemukan di Sumatera Barat.

Proses memasak lama membuat daging empuk dan bumbunya meresap. Sehingga rasa yang dihasilkan pedas, gurih dan lezat ketika dimakan. Ada berbagai jenis Randang seperti Randang Dagiang, Randang Baluik, Randang Lokan, Randang Rabu, dan Randang Talua.

Es Durian
Sumatera Barat terkenal sebagai penghasil buah durian. Buah yang besar dan kulitnya runcing ini ditemukan di Pesisir Selatan, Pariaman, Kabupaten Agam, Payakumbuh, dan Sijunjung. Selain dimakan langsung, adan bisa menikmati es durian yang dicampur susu dan gula ketika liburan di Kota Padang.

Jika Anda berwisata ke Sumatera Barat, ada tempat es durian terkenal yaitu “Ganti Nan Lamo” yang berada di kawasan Pulau Karam. Daerah ini tidak jauh dari Jembatan Siti Nurbaya Kota Padang.

Martabak Kubang
Kubang merupakan salah satu desa di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Kubang memiliki makanan khas salah satunya martabak. Resep spesial martabak ini berasal dari masakan India. Martabak Kubang digemari masyarakat lokal dan pendatang karena memakai bumbu tradisional.

Bahan membuat martabak Kubang yaitu potongan daging sapi, daun bawang, telur, garam, merica. Bahan-bahan tersebut kemudian ditumis dan dibungkus memakai kulit yang terbuat dari tepung terigu dan mentega. Kuah martabak rasanya asam manis terbuat dari campuran kecap, potongan cabe hijau, bawang bombai, dan cuka.

Gulai Kapalo Lauak
Kuliner khas yang tersedia di restoran dan rumah makan adalah Gulai Kapalo Lauak. Makanan di daerah pesisir pantai ini bahan utamanya terbuat dari kepala ikan karang. Gulai kepala ikan ini bisa ditemukan di restoran daerah Kota Padang, Padang Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan (Painan).

Cara memasak gulai kepala ikan karang dibumbui dengan bawang merah dan bawang putih, jahe, kunyit, asam kandis, cabe rawit, cabe merah dan daun.

Sate Padang
Ada tiga sate di daerah Sumatra Barat yaitu Sate Padang, sate Padang Panjang dan sate Padang Pariaman. Masakan berbahan daging ini memiliki cita rasa dan warna kuah yang berbeda. Ada juga sate khas dari Payakumbuh. Sate Padang bisa dimakan dengan nasi dan kerupuk ubi untuk sensasi pedas.

Ikan Baka (Ikan Bakar)
Sumatera Barat memiliki beragam ikan segar seperti ikan Karang, Capa, Kurapu, Bawal, dan masih banyak lagi. Ikan Baka dibuat dari ikan segar di laut Sumatera Barat. Masakan ini bisa ditemukan di pesisir pantai Kota Padang, Kota Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Cara membuatnya yaitu daging ikan dilumuri santan kental, sedikit kecap, dan mentega. Kemudian ikan dibakar di atas bara api dan diberi kipas supaya bumbu meresap dan ikan matang. (rdr/ist)

Exit mobile version