Kunjungi Surau Tuo Taram, Alumni SMA PGRI 1 Padang Angkatan 83 Serahkan Bantuan

Alumni SMA PGRI 1 Padang angkatan 83 mengunjungi Surau Tuo Taram, di Kabupaten Limapuluh Kota, Minggu (20/2/2022). (IST)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Alumni SMA PGRI 1 Padang angkatan 83 mengunjungi Surau Tuo Taram, di Kabupaten Limapuluh Kota, Minggu (20/2/2022). Kunjungan tersebut merupakan bagian dari kegiatan wisata yang dilakukan alumni angkatan 83 pada Sabtu dan Minggu (19-20/2/2022). Pada kunjungan tersebut, alumni 83 juga memberikan bantuan uang tunai kepada pengurus surau.

Ketua Alumni SMA PGRI 1 Padang angkatan 83, Joni Rusjan mengatakan Surau Tuo Taram merupakan pusat peradaban Islam tertua di Luak Limopuluah (Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh. Surau tersebut dibangun pada zaman Syekh Ibrahim Mufti, ulama keramat asal Timur Tengah. “Di sana kita memberikan bantuan kepada pengurus surau,” katanya, Minggu (20/2/2022).

Ia berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. “Kami juga melaksanakan shalat sunat dua rakaat di surau tersebut,” ungkap Joni.

Sekadar diketahui, surau tuo itu berdiri sejak abak 17 dan ada tiga makam di surau tuo ini termasuk makam Syekh Ibrahim Mufti. Bersama surau ini, masyarakat Taram juga masih menyimpan Alquran tulisan tangan. Surau Tuo Taram masih berdiri kokoh di Jorong Balaicubadak, Nagari Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. (rdr-007)

Exit mobile version