Selain Hari Nyepi, Ini Sederet Peristiwa Bersejarah di Tanggal 3 Maret

Bulan Maret

SAINS, RADARSUMBAR.COM – Tanggal 3 Maret 2022 jatuh pada hari apa? Di tahun ini jatuh pada hari Kamis bertepatan dengan tanggal 30 Rajab 1443 Hijriyah. Dalam kalender Jawa, jatuh pada hari Kamis Pon, 29 Rajab 1955, Wuku Wayang, Tahun Alip.

Sedangkan dalam kalender Gregorian, tanggal 3 Maret adalah hari ke-62 dan hari ke-63 dalam tahun kabisat. Selain memperingati Hari Raya Nyepi, hari ini juga memperingati Hari Jadi Kabupaten Konawe. Konawe merupakan kabupaten di Sulawesi Tenggara yang didirikan pada 3 Maret 1960.

Selain itu, juga memperingati Hari Ulang Tahun atau HUT Satpol PP yang ke-72 tahun. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), pertama kali didirikan di Yogyakarta pada 3 Maret 1950, dengan motonya ‘Praja Wibawa’.

Selain peringatan di Indonesia, terdapat pula hari penting di negara lain yang jatuh pada tanggal 3 Maret 2022. Apa saja itu? Pada tanggal ini, terdapat peringatan Internasional, yaitu Hari Satwa Liar Sedunia, Hari Buku Sedunia, Hari Pendengaran Sedunia dan Hari Anggur Mulled.

Di Timor Leste, tanggal ini memperingati Hari Veteran. Hari ini untuk memperingati perjuangan kemerdekaan. Di Tibet, tanggal ini merayakan Tahun Baru Losar yang merupakan festival terpenting dalam kalender Tibet.

Di Bulgaria, tanggal ini memperingati Bulgaria Liberation Day atau Hari Pembebasan Bulgaria. Di Malawi, tanggal ini memperingati Hari Martir Malawi untuk menghormati para pejuang melawan kolonialisme Inggris. (rdr)

Exit mobile version