Wow! Peneliti Maladewa Temukan Spesies Baru Ikan Pelangi

Ikan Pelangi. (Foto: ZooKeys)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Sekelompok peneliti menemukan spesies ikan Pelangi terbaru bernama rose veiled fairy wrasse di zona senja terumbu karang Maladewa. Ikan pelangi ini dapat hidup dalam 160 hingga 500 kaki di bawah permukaan laut “zona senja” ekosistem terumbu karang yang belum dijelajahi.

Secara ilmiah, ikan pelangi ini bernama Cirrhilabrus finifenmaa, yang merupakan spesies baru pertama yang diberi nama oleh peneliti Maladewa. Spesies ikan ini juga spesies pertama yang diberi nama oleh peneliti Maladewa dan menjadi spesies pertama yang berasal dari bahasa Dhivehi yaitu bahasa nasional Maladewa.

Menurut para peneliti, kesuksesan penemuan spesies ikan pelangi ini juga dipengaruhi oleh kerja sama dengan orang Maladewa. “Tidak ada yang tahu perairan ini lebih baik daripada orang Maladewa. Kesuksesan ini berkat kerja sama peneliti dengan penyelam lokal,” kata Kurator Akademi Ichthyology Luiz Rocha yang dilansir dari laman USA Today.

Makna Nama Ikan Pelangi

Nama ikan pelangi Maladewa juga mengacu pada bunga nasional Maladewa dan finifenmaa yang berarti mawar berwarna merah muda.

Ikan pelangi jenis ini pertama kali ditemukan pada tahun 1990-an, namun dianggap sebagai spesies yang berbeda. Sedangkan ikan berjenis Cirrhilabrus rubrisquamis yang memiliki warna serupa ditemukan di Maladewa di Samudra Hindia bagian barat.

Para peneliti juga memperdebatkan apakah ikan pelangi rose veiled fairy wrasse merupakan spesies jenis ikan baru atau bukan. Peneliti dari California Academy of Sciences, University of Sydney, Maldives Marine Research Institute, dan Field Museum lalu memastikan hal tersebut dengan melakukan analisis genetik.

Sebelumnya ikan pelangi, sudah diperjualbelikan dan dibeli oleh orang-orang yang gemar mengoleksi ikan akuarium. “Meskipun spesiesnya cukup melimpah dan oleh karena itu saat ini tidak berisiko tinggi untuk punah dan hilang, tetap saja meresahkan ketika ikan sudah dikomersialkan bahkan sebelum memiliki nama ilmiah,” ujar Rocha.

Adapun dalam survei-survei beberapa bulan sebelumnya, para peneliti menemukan delapan spesies baru yang belum diberi nama. Kemudian ikan pelangi itu diberi nama rose veiled fairy wrasse. Hal ini juga merupakan kolaborasi dari Hope for Reefs dari California Academy of Science yang juga bertujuan untuk melindungi terumbu karang dan para ikan di Maladewa. (rdr/detik.com)

Exit mobile version