Dua Spesies Baru Katak Transparan Ditemukan di Ekuador

Katak transparan. (Getty Images)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Para ilmuwan menemukan dua spesies katak transparan baru di dekat lokasi penambangan di Andes, Ekuador. Spesies yang baru diidentifikasi itu adalah katak kaca Mashpi (Hyalinobatrachium mashpi) dan katak kaca Noun (Hyalinobatrachium nouns).

Dengan menganalisis DNA dan cara kedua katak itu bersuara membantu para ahli membedakan keduanya dari katak transparan lainnya. “Situs ini sangat terpencil, yang merupakan salah satu alasan mengapa kami dapat menemukan spesies baru,” kata Becca Brunner, ilmuwan lingkungan penulis studi, seperti dikutip dari CNET, Jumat (25/3/2022).

Para ilmuwan merekomendasikan kedua spesies baru tersebut terdaftar, sebagai hewan yang terancam punah menurut pedoman International Union for Conservation of Nature. Katak tersebut ditemukan di hutan di mana pertanian dan pertambangan mengancam habitat aslinya.

Keberadaan katak transparan ini menyoroti keanekaragaman hayati Andes dan mengisyaratkan, berapa banyak spesies yang tersisa untuk dipelajari tentang hewan yang hidup di pegunungan.

Para ilmuwan menyoroti keberuntungan dapat menemukan spesies terancam punah ini karena spesies lain mungkin tidak seberuntung itu. (rdr/suara.com)

Exit mobile version