Yang tak Bisa Booster masih Bisa Mudik Lebaran, Ini Syaratnya!

Ilustrasi mudik. (ANTARA)

Ilustrasi mudik. (ANTARA)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Tahun ini, pemerintah memberikan ‘lampu hijau’ bagi masyarakat yang ingin mudik lebaran. Namun ada syarat wajib booster bagi warga Indonesia yang ingin melakukan mudik Lebaran 2022.

Masyarakat tak perlu lagi melakukan tes antigen atau PCR jika sudah menjalani vaksinasi lengkap dan booster. Namun jika tak bisa booster, warga boleh tetap mudik dengan syarat.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemudik yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama tetap diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes negatif COVID-19 PCR untuk meminimalisir risiko terhadap kelompok rentan.

“Kalau yang belum booster, baru dua kali vaksin, harus tes antigen. Kalau baru satu kali vaksin, dia harus tes PCR,” kata Menkes.

Lebih lanjut, ia mengatakan pemerintah akan menyiapkan pos vaksinasi di mana masyarakat nantinya dapat langsung disuntik khusus booster sebelum mudik. Tempat vaksinasi ini akan berada di fasilitas angkutan umum.

“Kalau mereka mau di-booster saat itu nanti dipersiapkan oleh Kementerian Perhubungan, tempat-tempat vaksinasi gratis di fasilitas-fasilitas angkutan umum,” ujar Menkes. (rdr/detik.com)

Exit mobile version